Kamis, 05 Juli 2012

Download Kamus Nama Anak Islam (Al-Asma)

Kamus Nama Anak Islam Al-Asma adalah nama software portable besutan programer Indonesia yang bermanfaat. :) Blog pembuatnya bisa dibuka di ebsoft.web.id. Karya lainnya dari programmer ini bisa dilihat juga di Software Kamus Besar Bahasa Indonesia Portable. Kali ini sesuai namanya, maka software ini akan membantu mencari referensi nama bagi anak-anak kita para muslimin.

Mencari nama untuk buah hati kita menjadi tugas yang seringkali kita rasakan tidak mudah, mengingat nama bisa berarti doa, mencarikan nama yang baik adalah kewajiban bagi orang tua. Untuk mempermudah menemukan nama yang baik, kini kita bisa memanfaatkan program gratis (freeware) al-asma, Kamus nama-nama anak Islami. Program ini merupakan kamus nama-nama anak Islami dengan beberapa fitur pencarian serta tampilan yang menarik.

Di Internet memang kita sudah bisa menemukan website yang memberikan fitur untuk mencari nama-nama anak dan mungkin dengan data yang lebih banyak. Tetapi al-Asma mencoba memberikan sesuatu yang berbeda, selengkapnya bisa membaca fitur-fiturnya dibagian bawah berikut. Program al-Asma versi 1.0 ini menyertakan sekitar 3.386 nama plus nama-nama serupa (mirip atau sama artinya).

Beberapa fitur al-Asma’ antara lain:

  • 100% gratis (freeware)
  • Portable, langsung jalankan tanpa perlu install. Ukuran hanya sekitar 468 KB
  • Nama-nama anak dalam bahasa Indonesia, arab (tulisan arab), arti dalam bahasa Indonesia (dan Inggris), serta nama-nama serupa
  • Pencarian berdasar kriteria jenis kelamin (laki-laki, wanita atau semua), nama, tulisan arab dan juga arti
  • Menyertakan tombol huruf Arab untuk memudahkan mencari dalam bahasa Arab

Kamus Nama Anak Islam

Penggunaan Kamus ini cukup mudah, setelah dijalankan kita bisa langsung mengetikkan di kotak pencarian, baik nama, arti maupun tulisan arab. Selanjutnya tekan tombol CARI atau enter untuk menampilkan nama yang dicari. Hasil untuk nama anak laki-laki dan wanita ditampilkan dengan 2 warna yang berbeda.

Untuk mencari dalam tulisan Arab, klik tombol bergambar keyboard disamping tombol CARI. Lalu tuliskan sesuai dengan yang di inginkan. Untuk pencarian tulisan arab, tidak perlu menyertakan harokat. Jika kriteria tidak dipilih, maka kamus ini akan mencari di semua kolom yang memuat hasil pencarian, baik kolom Nama, arab, arti maupun nama serupa.

Kamus al-Asma’ ini dapat berjalan di Windows 2000 ke atas (2000, Xp, Vista, windows 7, windows 8). Untuk Windows Vista keatas, tampilan tulisan arab seharusnya sudah otomatis bersambung (tampil dengan benar). Bagi pengguna Windows XP, jika tampilan bahasa Arab masih putus-putus, maka perlu diatur terlebih dahulu bagian Regional & Language Options, caranya sebagai berikut:

  1. Buka COntrol Panel, pilih (double klik) Regional & Language Options
  2. Setelah tampil window Regional & Language Options, pilih tab “Languages”
  3. Beri tanda cek untuk opsi “Install files for complex script and right-to-left languages (including Thai)” dan klik OK di tampilan konfirmasi.
  4. Selanjutnya klik tombol OK atau Apply sehingga windows akan meminta CD Master Windows XP (Insert Disk). Masukkan CD Master windows XP ke CD/DVD-ROM Drive, dan ikuti langkah selanjutnya yang tampil
  5. Restart komputer dan setelah itu seharusnya bahasa Arab akan tampil dengan benar

Baiklah bagi yang berminat silahkan download software al-asma ini di link bawah ini (468 KB):

Semoga informasi ini bermanfaat bagi saudara muslim.

2 komentar:

  1. asik euy mayan buat kolekso sopwer :d

    BalasHapus
  2. ijin download gan..lumayan buat nambah referensi klo nanti punya anak..tp bikin na m sapa y??haha

    BalasHapus

Note: Gak nyambung, pendek sekali, nama keyword riil berulang, akan masuk kotak spam