Dua Kalkulator Kehamilan Puisi Lucu & Romantis Kalimat/Ungkapan Indah Ucapan Selamat Malam Romantis Kata-2 GalauKoleksi Kata-Kata Gombal Mukio
Download Ringtone Lucu Gokil
Curhat Cewek Tentang Cowok
Punya Pacar vs LDR vs Jomblo
Alat Membuat Tulisan Gaul Alay
Alat Membuat Tulisan Terbalik
Daftar Semua Kategori:X
X
Ramalan Zodiak Hari Ini Kata Mutiara Cinta Kompilasi Lagu Nostalgia Cara Download Video Youtube Status Facebook LucuKumpulan SMS Cinta Romantis

WIB,WITA,WIT Penyatuan zona waktu dimulai 28 Oktober tahun ini (2012). (*) Pasti sudah banyak yang tahu tentag hal ini, entah nanti bisa membungungkan atau tidak. Untuk pengukuran waktu biasa mungkin tidak akan ada masalah apapun, entah bagaimana dengan komputer dan internet. Selama ini sinkronisasi waktu antara PC dengan internet biasanya menggunakan waktu yang berlaku di 3 zona, lalu pada saat ada penyatuan waktu pastinya akan jadi satu juga, keknya para praktisi teknologi lumayan repot, ini pikiran teman sih, kalau Warung Bebas mah terserah saja. :D

Setelah dengan pengkajian yang matang dan berlangsung selama 4 tahun, Kajian zona waktu akan digabungkan menjadi satu. Sehingga tidak ada lagi WIB, WITA dan WIT yang ada adalah GMT+8 NKRI. Pemberlakuan satu zona waktu di nusantara berdampak besar bagi penghematan listrik, yang nilainya bisa sekitar Rp1,6 triliun per tahun. kata Kementerian Riset dan Teknologi seusai rapat dikutip dari vivanews.com.

Menurut Mohammad Nur Hidayat dari tim kajian Kemenristek, pertimbangan penyatuan zona waktu didasarkan pada pertimbangan kondisi geografis, politik, sosial budaya, ekonomi, pertahanan keamanan, dan agama. "Selain itu juga keuntungan penyatuan zona waktu akan berdampak pada penghematan energi," kata dia, dalam keterangan tertulis yang diterima hari ini, 27 Mei 2012.

Sedangkan Asisten Deputi Investasi IPTEK dan Deputi Bidang Sumber Daya IPTEK, Agus Puji Prasetyono, mengatakan penghematan yang didapat tercatat sebesar lebih dari Rp 1 triliun. "Dari hasil riset dengan asumsi perilaku konsumsi listrik rumah tangga di kota-kota besar di Pulau Jawa, antara lain Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya, didapatkan perhitungan penghematan listrik sebesar Rp 1,6 triliun per tahun," ujar Agus.

Selain itu, Agus mengatakan penyatuan zona waktu memiliki pengaruh positif pada pemerintahan, industri penerbangan, industri media, dan daya saing nasional juga terhadap industri telekomunikasi.

Sedangkan Kepala Divisi Luar Negeri Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (KP3EI), Eddy Satriya, mengatakan satu zona waktu didasarkan pada kenyataan bahwa perekonomian masih berpusat di Indonesia bagian Barat. Strategi ini juga dilakukan sejumlah negara untuk mengatasi tidak meratanya pembangunan ekonomi.

"Cina yang seharusnya 4 zona waktu menjadi satu zona waktu, begitu pun Korea Selatan, Singapura, dan Malaysia. Yang lebih radikal adalah kepulauan di wilayah Pasifik, yaitu Negara Samoa dan Tuvalu yang menghilangkan 24 jam atau 1 hari, dengan menghilangkan hari Jumat (30 Desember 2011) untuk mendekatkan waktu mereka ke Australia dan New Zealand," ucap Eddy.

Namun Eddy mengingatkan akan pentingnya sosialisasi kepada 33 provinsi jika jadi menyatukan zona waktu. Rencananya, Indonesia akan menyatukan zona waktu pada 28 Oktober 2012.

"Penyatuan zona waktu Indonesia diusulkan dengan nama Waktu Kesatuan Indonesia GMT +8 atau Satu Zona Waktu GMT+8 NKRI atau sebutan lainnya, yang direncanakan akan diterapkan secara nasional melalui Peraturan Presiden pada 28 Oktober 2012," ucap Eddy.

Komentar FacebookSembunyikanSelalu TampilkanJangan Pernah TampilkanStatus:
 

4 komentar terhadap "Penyatuan Zona Waktu Indonesia"

  1. alaaaaaaaaaaaah ribet amat sih....pake zona yg lama aj deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, jujur saja, aku sendiri gak tahu keunggulan penyatuan zona waktu ini, paling-paling efek jadwal sholat dan buka puasa jadi jauh banget antara derah timur dan barat... :D

      Hapus
  2. Aku anti pemerintah NKRI. Aku anti penyatuan zona waktu atau semacamnya seperti itu. Jika jadi, aku akan tetapkan zona waktu aku sendiri +7 GMT, dan itu tidak akan pernah berubah sampai kapanpun.

    BalasHapus
  3. katanya sih, untuk nyesuain dengan hongkong, singapore n malay, biar samaan, biar kerja kita makin efektif.. dari efek positif pasti ada negatifnya juga kan..

    BalasHapus

Links
About | Contact Us | Info Iklan | Privacy Statement | Disclaimer | Link to Us | Help | Whois | Ping  Sitemap
Copyright © 2009  Warung Bebas. Hosted on Blogger.Com Top
Warung Bebas