Dua Kalkulator Kehamilan Puisi Lucu & Romantis Kalimat/Ungkapan Indah Ucapan Selamat Malam Romantis Kata-2 GalauKoleksi Kata-Kata Gombal Mukio
Download Ringtone Lucu Gokil
Curhat Cewek Tentang Cowok
Punya Pacar vs LDR vs Jomblo
Alat Membuat Tulisan Gaul Alay
Alat Membuat Tulisan Terbalik
Daftar Semua Kategori:X
X
Ramalan Zodiak Hari Ini Kata Mutiara Cinta Kompilasi Lagu Nostalgia Cara Download Video Youtube Status Facebook LucuKumpulan SMS Cinta Romantis

Perawatan Rambut Kering Cara merawat rambut kering dan tips merawat rambut kering tentu saja sering dicari oleh para cewek, :) karena yang gundah dengan masalah semacam ini kebanyakan memang kaum hawa. Semua orang tentu tidak ingin memliki rambut kering dan rambut rusak. Rambut kering disebabkan oleh beberapa hal yang sebenarnya sudah diketahui tapi mungkin menganggap hal tersebut sudah biasa dan akhirnya malah rambutnya menjadi rusak.

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi rambut kering, perlu diketahui juga apa penyebab rambut menjadi kering. Ini diperlukan agar pada saat rambut kering kamu sudah sehat maka Rambut kering itu tidak lagi menghinggapi kepala kamu.

Sebab-Sebab Rambut Menjadi Kering

Terkena sinar matahari langsung dalam waktu lama. Pengeringan rambut secara berlebihan dengan handuk sehabis mandi atau keramas. Menyisir rambut dengan cara tidak tepat, misalnya menyisir rambut dalam keadaan basah atau menggunakan sisir bergigi rapat. Pewarnaan rambut yang tidak sesuai ketentuan. Penggunaan zat kimia salon dan make up yang berlebihan. Untuk melengkapi pengetahuan ini, silahkan baca pula Kebiasaan yang Bisa Merusak Rambut.

Tanda-Tanda Rambut Kering

Rambut rusak terlihat dari warnanya yang kusam kemerah-merahan. Rambut juga terkesan kering dan ujung-ujungnya bercabang. Kalau sudah begini, biasanya disusul dengan rambut rontok. Cara mengatasi rambut rontok pun sepertinya menjadi satu-satunya jalan keluar yang akan membantu kamu menangani permasalahan ini.

Cara Mengatasi Rambut Kering

Setelah mengetahui apa saja penyebab yang dapat membuat rambut kamu kering, cara mengatasi rambut kering kemudian menjadi informasi selanjutnya yang harus kamu ketahui. Cara mengatasi rambut kering dibawah ini bisa kamu lakukan sendiri dirumah, tanpa harus pergi ke salon.

1. Hentikan Sejenak Rambut kamu dari Penataan

Cara mengatasi rambut kering yang pertama adalah berhenti dari segala macam jenis penataan rambut yang dapat merusak rambut. Saat menata rambut, kita tidak bisa menghindari penggunaan alat-alat yang membuat rambut menjadi kering, misalnya alat pengeriting rambut, blow dryer, sasak, dan sejenisnya.

Alat-alat tersebut mengeluarkan panas cukup tinggi sehingga bisa merusak rambut. Jadi, kalau rambut kamu terlihat kering dan kusam, hentikanlah sejenak aktivitas menata rambut. Biarkan rambut kamu beristirahat dan menemukan kecemerlangannya kembali. Cara mengatasi rambut kering ini mungkin akan sulit dilakukan oleh kamu yang memiliki kegiatan padat serta mengharuskan kamu untuk menata rambut secara optimal.

2. Jangan Mengikat Rambut saat Istirahat atau Tidur

Cara mengatasi rambut kering selanjutnya sangat sederhana. Yaitu lepaskan ikatan rambut saat kamu berisitirahat. Beberapa orang memiliki kebiasaan ini, tidur dengan mengikat rambut. Padahal, ini kurang baik untuk kesehatan rambut karena rambut sudah cukup lelah diikat selama seharian kamu beraktivitas. Jadi, lepaskan ikatannya saat kamu beristirahat dan biarkan rambut bernapas.

3. Hindari Keramas Setiap Hari

Secara alami, rambut memproduksi zat semacam minyak. Kadarnya berbeda-beda untuk tiap-tiap orang. Beberapa orang dengan kadar minyak tinggi, perlu keramas tiap hari untuk membersihkan rambut. Namun, bagi pemilik rambut kering, hal ini justru semakin membuat rambut kusut, kusam, dan gampang rontok. Jadi cara mengatasi rambut kering dalam hal ini adalah cukup keramas dua hari sekali.

4. Jangan Menggaruk Kulit Kepala Berlebihan saat Keramas

Cara mengatasi rambut kering selanjutnya juga masih berkaitan dengan tata cara mencuci rambut. Ketika mencuci rambut, hindarkan menggaruk kepala terlalu sering, hal ini sering kita lakukan untuk memastikan rambut bersih dari kotoran. Namun, menggaruk dengan cara berlebihan bisa merusak kulit kepala sehingga mengurangi pelembap alami rambut yang dihasilkan kulit kepala.

5. Hindari Membilas Rambut dengan Air Panas

Bagi kamu yang memiliki kesukaan mandi uap atau mandi dengan air hangat, perlu diketahui bahwa membilas rambut dengan air panas bisa merusak rambut. Oleh karena itu, lebih baik jika kamu tetap membilas rambut menggunakan air dingin. Cara mengatasi rambut kering yang satu ini mungkin juga akan sulit bagi kamu yang terbiasa menggunakan air hangat atau panas untuk mandi, tapi jika ingin rambut kering kamu kembali normal, hal ini nyatanya harus mulai dipraktekkan.

6. Perhatikan Cara Menyisir yang Baik

Menyisir rambut mungkin hal sederhana dan kita lakukan setiap hari berulang-ulang sepanjang hidup kita. Namun, kita sering melakukan cara yang salah dalam menyisir rambut, yaitu menyisirnya dalam keadaan basah atau menggunakan sisir bergigi rapat. Cara mengatasi rambut kering bisa dimulai dari hal yang paling sederhana ini.

Rambut kering dalam keadaan basah menjadi sedikit rapuh. Menyisirnya dalam keadaan seperti ini bisa menyebabkan rambut patah dan rontok. Apalagi, jika menggunakan sisir bergigi rapat. Cara mengatasi rambut kering yang masih dalam keadaan basah adalah membiarkan rambut kamu kering alami sebelum kamu menyisirnya.

7. Menggunakan Kondisioner dengan Tepat

Cara mengatasi rambut kering yang selanjutnya adalah menggunakan kondisioner rambut yang pas. Kondisioner adalah pelembap rambut. Biasanya, digunakan setelah keramas. Kondisioner biasa digunakan untuk mengatasi rambut kering. Namun, kalau penggunaannya tidak tepat, hasilnya menjadi kurang baik. Pastikan shampo sudah benar-benar terbilas bersih sebelum kamu menggunakan kondisioner.

8. Gunakan Masker jika Rambut Benar-benar Kering dan Rusak

Jika rambut kering kamu sudah cukup parah, cara mengatasi rambut kering yang bisa kamu lakukan adalah mulai menggunakan masker rambut. Beberapa masker dan obat-obatan rambut bisa kamu peroleh di toko-toko atau kamu buat sendiri dengan cara mudah. Di antaranya sebagai berikut.

  1. Minyak Zaitun
    Minyak zaitun mengandung vitamin E dan antioksidan dalam jumlah yang cukup besar. Zat tersebut terbukti membantu melembapkan rambut kering yang rusak. Biasanya, digunakan sambil memijat perlahan tempurung kepala, sekitar 30 menit sebelum keramas.
  2. Minyak Esensial
    Minyak esensial merupakan kombinasi minyak zaitun dingin dan minyak rosemary. Yang harus diperhatikan, jangan menggunakan minyak rosemary saat hamil karena minyak ini memiliki pengaruh kurang baik terhadap kandungan.
  3. Madu
    Penggunaan madu sebagai pelembap kepala sudah dikenal sejak dulu. Biasanya, madu digunakan bersama dengan yoghurt, almond, dan minyak zaitun.
  4. Buah Alpukat
    Buah ini tidak hanya enak dimakan, tetapi baik untuk perawatan rambut. Biasanya, dicampur dengan santan sampai mengental. Lalu, dioleskan secara merata di kulit kepala.

Semoga bermanfaat. Baca pula Tips Mencegah Rambut Rontok.

Komentar FacebookSembunyikanSelalu TampilkanJangan Pernah TampilkanStatus:
 

1 komentar terhadap "Tips Perawatan Rambut Kering"

Links
About | Contact Us | Info Iklan | Privacy Statement | Disclaimer | Link to Us | Help | Whois | Ping  Sitemap
Copyright © 2009  Warung Bebas. Hosted on Blogger.Com Top
Warung Bebas