Dua Kalkulator Kehamilan Puisi Lucu & Romantis Kalimat/Ungkapan Indah Ucapan Selamat Malam Romantis Kata-2 GalauKoleksi Kata-Kata Gombal Mukio
Download Ringtone Lucu Gokil
Curhat Cewek Tentang Cowok
Punya Pacar vs LDR vs Jomblo
Alat Membuat Tulisan Gaul Alay
Alat Membuat Tulisan Terbalik
Daftar Semua Kategori:X
X
Ramalan Zodiak Hari Ini Kata Mutiara Cinta Kompilasi Lagu Nostalgia Cara Download Video Youtube Status Facebook LucuKumpulan SMS Cinta Romantis

Cara Naik Gaji Jika kita bekerja di perusahaan maka kenaikan gaji adalah sesuatu yang sangat menyenangkan, :) ada yang gak senang? gak normal tuh.. ;) Kenaikan gaji ini akan semakin menggembirakan bagi mereka yang merasa kekurangan gaji. Namun kenaikan gaji tiap karyawan ternyata seringkali tidak sama, baik jumlah persentase kenaikan gaji dari segi jumlah uang maupun durasi waktu antara dua kenaikan gaji.

Lalu apa saja sih yang mesti kita lakukan dan biasakan agar kenaikan gaji kita lancar? dan apa pula yang mesti kita hindari? simak lanjut untuk mengetahui tips ini selengkapnya.

Berikut ini tips agar naik gaji:

1. Bicarakan

Orang bilang langit tak akan runtuh kalau Anda berani menemui bos untuk meminta kenaikan gaji. Memang tahap awal adalah tahap tersulit. Tapi percaya deh, setelah dijalani, Anda akan merasa lega dan nyatanya tidak sesulit yang anda bayangkan. Tapi perhatikan juga layakkah anda naik gaji? bila anda merasa belum layak naik gaji, urungkan dulu niat anda.
2. Fokus Pada Pekerjaan

Jangan memulainya dengan “nilai yang akan diterima”. Manajemen akan dengan mudah menaikan gaji Anda padahal belum tentu kenaikan itu sudah sesuai dengan pengalaman, skill, dan nilai di luar sana. Awali topik dengan, “Mari kita bicara mengenai pekerjaan yang tepat buat saya dan saya adalah orang yang tepat duduk di sini, maka salary bukan masalah utama.” Biarkan bos Anda menentukan nilai Anda, dengan mengarahkan pada nilai pasaran yang Anda tahu.
3. Kumpulkan Informasi

Menegosiasi kenaikan gaji memerlukan data yang lengkap, Anda perlu tahu berapa rata-rata salary dengan tingkat pengalaman dan keahlian yang mirip dengan Anda. Juga Anda perlu tahu, di perusahaan Anda memiliki berapa standar gaji dengan posisi sama dengan Anda.
4. Cara Penyampaian

Hampir tidak pernah ada kejadian orang yang dipecat karena minta naikgaji. Yang penting adalah bagaimana Anda menyampaikan gagasan Anda. Penyampaian itu bisa dengan cara, “Saya dapat tawaran lain. Tapi sebetulnya saya sangat senang kerja di sini. Kira-kira mungkin tidak bapak/ibu memberikan penawaran yang lebih kompetitif?”
5. Tunjukkan Anda Bersemangat

Perlihatkan pada bos Anda bahwa Anda bersemangat dengan pekerjaan ini. Antusiasme akan membuat bos melihat bahwa Anda punya kualitas. Pada saat yang sama, ketika mendiskusikan kompensasi, jelaskan bahwa Anda menyukai pekerjaan ini, atau ingin terus berada di perusahaan ini, tapi nilai rupiah yang tidak karu-karuan membuat Anda harus memikirkan soal finansial.
6. Tolak Bantuan Orang Lain

Sebaiknya Anda tidak menerima tawaran bantuan bernegosiasi dari orang lain. Karena Anda akan kehilangan kesempatan bernegosiasi serta membuka jalur hubungan dengan bos. Lagi pula tiap orang punya cara bernegosiasi sendiri. Belum tentu cara orang lain cocok dengan cara Anda, dan hasilnya belum tentu membuat Anda puas.
7. Bukan Hanya Uang

Ketika menemui bos, Anda tidak hanya bernegosiasi soal gaji. Tapi negosiasikan juga hal-hal lain yang menyangkut pekerjaan. Percaya deh, hasilnya akan terasa luar biasa ketika Anda keluar ruangan.
8. Keuntungan Penawaran Lain

Bandingkan apa yang ditawarkan oleh orang lain dengan apa yang Anda peroleh saat ini. Sampaikan juga bahwa Anda antusias pada penawaran itu dan Anda pun antusias dengan pekerjaan yang sekarang. Jangan biarkan bos Anda tahu dari orang lain bahwa Anda sedang memikirkan tawaran pekerjaan di luar sana.
9. Dapat Promosi atau Naik Jabatan

Belajarlah manjual diri sendiri dengan menunjukan pada sekitar bahwa Anda telah bekerja baik dengan hasil memuaskan. Buatlah catatan atas apa yang sudah dikerjakan beserta proses dan hasilnya. Penjelasan tersebut dapat membantu bos Anda untuk memikirkan kenaikan gaji. Jika memang luar biasa, jangan-jangan Anda tidak hanya mendapatkan kenaikan gaji, tapi juga promosi.

Trik tambahan jika ingin lancar naik gaji

1. Jangan pernah berjalan tanpa dokumen di tangan

Orang yg bawa-bawa dokumen kelihatannya seperti seorang pekerja keras yang mau meeting. Sementara orang yg nggak bawa apa-apa kayaknya pengangguran. Kalau yang bawa koran pasti mau ke WC. Nah yang bawa kerjaan sama laptop saat pulang, pasti mau gaya-gaya doang, sampe rumah cuman ditaruh di meja, besoknya dibawa lagi ke kantor.
2. Pake komputer biar keliatan sibuk

Tiap saat anda di depan PC, keliatannya anda kerja di mata boss, padahal anda sedang baca dan kirim email atau lagi YM-an dengan temen deket. Saat anda ketahuan boss lagi nge-email, pengakuan yg paling baik ya lagi lihat situasi pasar atau lagi belajar program baru untuk bikin cash flow. Padahal yang terjadi adalah cek email pemberitahuan di facebook.
3. Meja berantakan

Boss bisa aja mejanya bersih, sedangkan kita jangan harap, kalo meja kita bersih pasti dianggap kita tidak kerja cukup getol. Taruh aja setumpuk dokumen di meja, pasti anda dianggap pekerja keras. Tapi perhatikan pula jangan yang berantakan dimeja anda itu bungkus makanan, bukan naik gaji yang akan anda peroleh, tapi dipecat pun bisa.
4. Mesin Penjawab Telpon

Nggak usah jawab telpon kalo anda punya mesin penjawab. Orang tidak akan telpon ke anda untuk memberi sesuatu, orang telpon supaya anda mengerjakan sesuatu. Periksa aja mesin penjawab. Kalo seseorang nelpon mengenai suatu kerjaan, jawab aja saat jam makan siang, yang jelas dia nggak bakalan ada dan anda keliatan seperti pekerja keras.
5. Kelihatan serius dan sangar

Yang terpenting, anda harus keliatan serius dan sangar biar boss mengganggap anda selalu sibuk. Jangan suka ketawa-ketawa apalagi ketawa yang tidak jelas.
6. Tinggalkan kantor lambat

Selalu meninggalkan kantor lambat, khususnya saat si boss masih ada. Anda bisa baca majalah atau buka internet, sehingga kelihatan bahwa anda kurang waktu untuk baca atau kerjakan sesuatu. Saat pulang, pastikan boss anda lihat. Kirim email penting pada jam-jam yang larut seperti 21.35 atau 19.05, bahkan kalo perlu pada hari libur, biar keliatan loyal banget ama kerjaan.
7. Tarik napas kreatif

Tariklah napas keras-keras saat banyak orang di sekeliling anda, sehingga kelihatan bahwa anda sedang di bawah tekanan karena banyaknya kerjaan
8. Strategi numpuk buku

Rasanya kurang cukup kalo hanya numpuk dokumen di meja, tambahin aja dengan buku-buku manual yang tebel yang berserakan di lantai.
9. Tambahlah perbendaharaan kata-kata

Baca beberapa majalah komputer dan cari tau istilah dan produk baru. Gunakan istilah yang IT banget saat ngobrol dengan boss. Ingat: boss tidak perlu tau apa yang anda bicarakan, tapi yang terpenting anda tampil mengesankan di hadapannya.

Tips ini tentu untuk yang sudah bekerja, namun jika Anda belum bekerja dan masih proses lamar sana-sini, maka ada baiknya Anda membaca artikel Tips Membuat Surat Lamaran Kerja plus Contoh-Contoh Lamaran Kerja, untuk persiapan interview baca Pertanyaan Jebakan Interview / Wawancara Kerja agar Anda tidak terjebak saat melewatinya nanti. Baca juga secara komplit tentang Panduan Wawancara Kerja.

Komentar FacebookSembunyikanSelalu TampilkanJangan Pernah TampilkanStatus:
 

2 komentar terhadap "Tips Lancar Naik Gaji Komplit"

  1. Gue terapin kalo gak naik gaji gue, awal loe warung bebas...!!!! :-t

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, kok bisa diancam malah yang ngasih tips... :((

      Hapus

Links
About | Contact Us | Info Iklan | Privacy Statement | Disclaimer | Link to Us | Help | Whois | Ping  Sitemap
Copyright © 2009  Warung Bebas. Hosted on Blogger.Com Top
Warung Bebas