Dua Kalkulator Kehamilan Puisi Lucu & Romantis Kalimat/Ungkapan Indah Ucapan Selamat Malam Romantis Kata-2 GalauKoleksi Kata-Kata Gombal Mukio
Download Ringtone Lucu Gokil
Curhat Cewek Tentang Cowok
Punya Pacar vs LDR vs Jomblo
Alat Membuat Tulisan Gaul Alay
Alat Membuat Tulisan Terbalik
Daftar Semua Kategori:X
X
Ramalan Zodiak Hari Ini Kata Mutiara Cinta Kompilasi Lagu Nostalgia Cara Download Video Youtube Status Facebook LucuKumpulan SMS Cinta Romantis

Tahun Kabisat Sudah banyak yang tahu apa itu tahun kabisat, namun benarkah pemahaman Anda tidak salah? (*) Semua pasti akan bilang bahwa tahun kabisat adalah tahun dimana dalam satu tahun terdiri lebih satu hari daripada tahun lainnya, dan 1 kelebihan hari ini ditambahkan pada bulan Februari yang biasanya berjulah 28 hari menjadi 29 hari. Dalam bahasa Inggris tahun kabisat disebut Leap Year, secara definisi adalah sebuah Tahun Syamsiah, yaitu tahun yang berdasarkan peredaran bumi mengelilingi matahari, di mana pada tahun tersebut jumlah hari tidak terdiri dari 365 hari tetapi 366 hari.

Tahun kabisat ini ada disebabkan satu tahun syamsiah tidak secara persis terdiri dari 365 hari, tetapi 365 hari 5 jam 48 menit 45,1814 detik. Mungkin selisih ini dianggap tidak terlalu besar, namun jika hal ini tidak dihiraukan, maka setiap 4 tahun akan kekurangan hampir 1 hari (tepatnya 23 jam 15 menit 0,7256 detik).Untuk mengkompensasi hal ini, setiap 4 tahun sekali (tahun yang bisa dibagi 4), diberi 1 hari ekstra menjadi 29 Februari.

Tetapi karena 5 jam 48 menit 45,1814 detik kurang dari 6 jam, maka tahun-tahun yang bisa dibagi 100 (seperti tahun 1900), bukan tahun kabisat, kecuali bisa dibagi dengan 400 (seperti tahun 2000).

Salah kaprah di masyarakat, karena tahun kabisat umumnya terjadi tiap 4 tahun sekali, maka asalkan ada angka tahun yang habis dibagi 4 (hasil bagi 0), maka itulah pasti tahun kabisat. Padahal tidak semua begitu, untuk lebih jelasnya lihat pada algoritma perhitungan tahun kabisat dibawah.

Algoritma Tahun Kabisat

Terdapat algoritma mudah untuk menentukan apakah suatu tahun termasuk tahun kabisat atau bukan sebagai berikut:

  1. Jika angka tahun itu habis dibagi 400, maka tahun itu sudah pasti tahun kabisat.
  2. Jika angka tahun itu tidak habis dibagi 400 tetapi habis dibagi 100, maka tahun itu sudah pasti bukan merupakan tahun kabisat.
  3. Jika angka tahun itu tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100 akan tetapi habis dibagi 4, maka tahun itu merupakan tahun kabisat.
  4. Jika angka tahun tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100, dan tidak habis dibagi 4, maka tahun tersebut bukan merupakan tahun kabisat.

Tahun Kabisat menurut definisi ini ada sejak diluncurkannya kalender Gregorian (1582). Setelah membaca artikel ini, Anda sudah tahu lebih banyak tentang apa itu tahun kabisat. Untuk melakukan cek apakah tahun tertentu adalah kabisat atau bukan, Anda bisa menggunakan form dibawah ini, jadi gak perlu pake kalkulator dan mikir 4 faktor algoritma diatas. Silahkan cek sendiri.

Tahun Kabisat

Masukkan angka tahun Hasil

Semoga tool untuk mengecek tahun kabisat dan ulasan diatas bermanfaat. Oya, yang ulang tahun pada tahun 29 Februari, karena tahun 2012 ini adalah tahun kabisat, Warung Bebas mengucapkan selamat ulang tahun.

Komentar FacebookSembunyikanSelalu TampilkanJangan Pernah TampilkanStatus:
 

0 komentar terhadap "Tahun Kabisat, Sudahkah Anda Benar-Benar Tahu? (Leap Year Checker Tool)"

Links
About | Contact Us | Info Iklan | Privacy Statement | Disclaimer | Link to Us | Help | Whois | Ping  Sitemap
Copyright © 2009  Warung Bebas. Hosted on Blogger.Com Top
Warung Bebas