Dua Kalkulator Kehamilan Puisi Lucu & Romantis Kalimat/Ungkapan Indah Ucapan Selamat Malam Romantis Kata-2 GalauKoleksi Kata-Kata Gombal Mukio
Download Ringtone Lucu Gokil
Curhat Cewek Tentang Cowok
Punya Pacar vs LDR vs Jomblo
Alat Membuat Tulisan Gaul Alay
Alat Membuat Tulisan Terbalik
Daftar Semua Kategori:X
X
Ramalan Zodiak Hari Ini Kata Mutiara Cinta Kompilasi Lagu Nostalgia Cara Download Video Youtube Status Facebook LucuKumpulan SMS Cinta Romantis

Ajax Ajax, makanan apaan nih? enak mana sama tahu goreng, halah! kok tahu goreng sih? burger gitu lho biar modern dikit... ;)) Mungkin banyak yang sudah tahu dengan ajax ini, secara definisi, ajax merupakan kepanjangan dari Asynchronous JavaScript and XMLHTTP. Adalah suatu teknik pemrograman berbasis web untuk menciptakan aplikasi web interaktif. Tujuannya adalah untuk memindahkan sebagian besar interaksi pada komputer web surfer, melakukan pertukaran data dengan server di belakang layar, sehingga halaman web tidak harus dibaca ulang secara keseluruhan setiap kali seorang pengguna melakukan perubahan. Hal ini akan meningkatkan interaktivitas, kecepatan, dan usability.

Saat ini, semua situs-situs terkenal dan besar 90% menggunakan teknologi ajax ini. Misalnya saja jangan jauh-jauh seperti facebook yang pasti kamu sudah akrab. Data bisa sangat dinamis dan data-data tertentu akan diload saat link tertentu diklik, misalnya saat ingin menampilkan semua komentar pada status facebook. Biasanya loading data ini ditandai dengan gambar loading yang bergerak-gerak, namun halaman tidak berubah.

Dengan ajax ini, maka halaman akan menjadi sangat kaya fitur namun ringan loadnya, karena tidak semua data diusung saat pertama membuka halaman. Jadi saat halaman terload sempurna, hanya ringkasan dan link yang diload, baru jika ada pengguna yang melakukan klik pada link tertentu data link itulah yang akan diload, jadi ada pembagian waktu dalam load data.

Ajax Pada Blog Platform Blogger.com Nah ternyata blogger.com sudah pula menerapkan ini pada aplikasi blogger baru. Misalnya saja pada template dinamis. Atau jika masih menggunakan template biasa, namun sudah menggunakan treaded comment, maka itu juga ajax, namun untuk komentar, ajax baru diterapkan saat komentar pada sebuah post lebih dari 200, baru akan muncul link untuk memuat komentar lainnya.

Nah dari itulah dapat disimpulkan bahwa ajax telah mampu diterapkan pada blogger.com. Lama-lama layanan gratis ini makin hebat saja, Lalu buat apa membayar hosting untuk membuat blog pake wordpress? yang membutuhkan puluhan dollar tiap bulan?

Sudah bukan jamannya sekarang membuka halaman berkali-kali hanya untuk melihat daftar tertentu dari isi blog, mungkin bagi pemilik blog akan menambah pageviews blognya, namun buat apa kalau itu tidak memberi nilai lebih kenyamanan pengguna? pageviews yang sesungguhnya adalah pada artikel, bukan pada proses browse link konten. Asalkan kita memberi kenyamanan, pengunjung akan kerasan lama-lama dan buka-buka, dalam jangka panjang (survival) maka tetap saja pageviews akan tinggi dan riil. Konsep ini mesti dipahami oleh para blogger untuk masa mendatang. Lha blogger.com sendiri sudah menyediakan sarananya, tinggal kreativitas kita saja.

Tebak-Tebakan Yuk!

Kenapa bebek goreng rasanya enak?

Karena ada huruf ‘B’ nya. Coba kalo nggak ada, siapa yang berani makan?

Kalau semua jenis hewan sekolah, siapa yang sering terlambat?

Kluwing (kaki seribu). Soalnya, kakinya banyak, jadinya kalau pakai sepatu kelamaan

Daun apa yang nggak boleh disentuh?

Daun touch..!

Sayangnya ajax bawaan blogger.com pada template dinamis kadang kurang memenuhi selera kita, sebab tampilannya tidak bisa kita edit maksimal seperti template biasa, namun jika tetap ingin menggunakan ajax Anda bisa membuatnya sendiri dan pasti akan membuat template kita makin nyaman dan kaya fitur tapi tidak harus meload data besar.

Ini adalah opini Warung Bebas, dan bukan artikel tutorial ajax untuk diterapkan pada blogger, karena bisa sangat panjang, namun Warung Bebas sendiri sudah mengubah semua konsep lama dengan ajax, misalnya untuk video, daftar isi, browse label dll. Hanya saja untuk diterapkan pada blog lain sulit membuat tutorialnya dan belum sempat, jadi hanya melontarkan opini dulu, dengan opini ini Anda bisa membuat sendiri, atau kalau tidak berkompeten dalam pembuatan script mungkin bisa meminta pada para blogger tutorial ngeblog senior dan kawakan yang sudah jago agar membuatkan tutorialnya.

Oya, mungkin ada yang belum tahu dimana penerapan ajax pada blog ini, Anda bisa melihat beberapa contoh berikut, oya, kliknya klik kiri, kalau klik kanan akan tetap membuka halaman link itu.

Browse Label/Category

Silahkan Anda klik link label/category yang ada di halaman ini, dan lihat efeknya, bisa menu diatas, atau label lengkap dibawah, atau label di breadcrumb. Kalau label dibawah yang di klik, maka akan dipindahkan keatas daftarnya.

Recent Posts, Related Posts, dan filternya

Silahkan klik pada next di widget sidebar baik pada recent posts maupun related posts, juga coba pilihan pada form select filternya, silahkan ubah dan lihat efeknya.

Sitemap / Daftar Isi

Walaupun dihalaman sitemap bisa juga terbuka fitur daftar isi, namun di blog ini dari halaman apapun bisa mengakses daftar isi sampai posting ke seribu asalkan klik halamannya sampe habis. Silahkan klik pada link Daftar Isi di menu atas, bukan yang sitemap di daftar page, itu memang mengantarkan ke halaman sitemap, tapi klik daftar isi yang berderet dengan label/category.

Komentar Ajax

Untuk komentar ajax ini, asalkan Anda menerapkan comment treaded, tanpa manipulasi apapun sudah akan menerapkan ajax, untuk contoh, lihat di posting dengan komentar lebih dari 500 ini, klik pada muat lainnya, atau tampilkan komentar lainnya. Data akan dipanggil saat ada permintaan dari klik

Selain fitur dalam tiap halaman diatas, untuk fitur lainnya sudah diterapkan ajax pula, misalnya pencarian video dan gambar. Anda bisa mencoba pada form pencarian untuk melihat penerapannya.

Fitur Video, Berikut contoh penggunaan ajax pada video by keyword, Anda bisa mencoba klik pada next dan previous pada daftar video Tom and Jerry, data baru dipanggil saat klik terjadi dan terbatas pada sejumlah data tertentu.

Nah lebih simple kan bagi pengunjung untuk melihat-lihat isi blog kita? Kalau blogger.com sendiri sudah menyediakan fasilitas, kenapa tidak kita gunakan?.

Note: Semua contoh diatas berlaku pada posting ini diunggah tanggal 13 Februari 2012, dimasa mendatang mungkin sudah ganti fitur dan tidak berlaku lagi seiring perkembangan fasilitas blogger.com, so mungkin Warung Bebas tidak sempat atau lupa untuk mengapdate halaman ini.

Semoga opini memberikan ide dan manfaat bagi kawan-kawan blogger lainnya. :)

Komentar FacebookSembunyikanSelalu TampilkanJangan Pernah TampilkanStatus:
 

12 komentar terhadap "Penggunaan Ajax Pada Blog Platform Blogger.com / Blogspot.com"

  1. yang bikin bingung bagaimana cara menerapkannya di blogger, saya sudah mencari dimana-mana tutorial tentang Ajax tetapi kebanyakan untuk digunakan di web sendiri atau script yang sudah jadi seperti slideshow dkk tidak seperti yang ada diblog ini yang sepertinya server side dgn php/asp dsb.

    Mungkin admin bisa memberikan contoh penerapan diblogger seperti filter kategori, saya bingung bagaimana caranya bisa seperti itu bisa load.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang php/asp, tapi di blogger.com filenya ;)) kita sudah diberikan akses dalam bentuk data jadi, kalau di tutorial untuk web sendiri itu kan dari awal prosesnya, kalau blogger.com kita olah dari tengah. feed dan json adalah data yang bisa kita olah semau kita. sudah lengkap data disana, termasuk daftar kategori blog, kategori perpost, comments count dll.

      Kalau ada ide dan waktu ingin juga menulis tutorial, tapi masalahnya blog ini bukan niche tutorial ngeblog, dan lagi peminatnya dikit banget. Apalagi Mas Ali Munandar kan pasti tahu, kalau pengunjung blogger itu gak suka klik iklan, hiks... ;)) hanya membantu alexa rank biasanya :D

      Filter kategori itu manggil:

      /feeds/posts/default/-/KATEGORI_NAME?params...

      KATEGORI_NAME itu yang diubah pakai selector

      Hapus
    2. ternyata ilmu begitu luas, terima kasih atas tanggapannya. saya sedang belajar dari awal tentang ajax dkk, saya tidak melihat ada kode untuk memanggil recent post, apakah itu memakai callback json disertai ajax/jQuery.param jadi tidak bisa dilihat!

      terima kasih ;)

      Hapus
    3. Callbacknya sudah dikonfigurasi dalam fungsi, kalau yang seperti:

      <script src="/feeds/comments/default?alt=json-in-script&max-results=0&callback=namafuncsi"></script>

      saya menyebutnya callback manual, kalau pakai cara gini lalu bagaimana bisa dinamis? itu langsung load data.

      Dengan ajax paradigma itu harus diubah dengan membuat script itu dipanggil saat ada klik, jadi disini json menjadi sebuah file data, tapi sama saja bentuk url feednya. Param itu saya maksudkan adalah parameter seperti max-results, start-index, dll default blogger.

      Sedangkan bentuk format HTMLnya dari recent post yang ada form select kategori, itu adalah HTML buatan (createElement). Jadi tak akan terlihat dalam source langsung, kecuali source DOM, karena widget itu sudah menjadi bagian dalam DOM (Document Object Model) dalam halaman ini.

      Hapus
  2. di awal2 postingan kog di bandingin sama makanan sih si Ajax? ;))
    kalo saya dulu kirain nama klub sepak bola dari Belanda, Ajax Amsterdam :))

    BalasHapus
  3. Waduhh....
    Gan...
    Ane Tunggu banget tuh tutorialnya...
    Lagi belajar design blogger neh....
    Seribu jempol dah buat agan...
    ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, ini dia, setelah membuka blog Agan, saya lihat banyak tutorial ngeblognya, itu cocok untuk bahas masalah begini sesuai niche dari blognya...

      Ditunggu gan oleh banyak blogger... kalau disini bukan niche tutorial ngeblog, bisa pada lari pengunjungnya entar kalau disuguhi script2 ;))

      Admin hanya melontarkan opini agar menjadi pemicu ide bagi kawan yang berkompeten dan memang mempunyai blog tutorial ngeblog.

      Hapus
    2. Hahaa....
      Gak juga lah gan....
      Ane belum semahir agan dalam membahas bahasa pemograman....
      Ane baru belajar ngeblog belum sampai satu tahun..
      Tu blog cuma buat tulis apa yang ane pelajari...
      Tapi paling cuma dasar-dasarnya aja...
      Walo gak ada khusus tutorial, tapi kan punya label yang khusus buat tips dan trik...
      misalnya agan juga jadiin tu tempat bahas script kaya di script untuk meningkatkan pendapatan adf.ly juga udah sangat memmbantu....
      Dan saya yakin Pengunjung yang lama pasti gak bakal protes kok..

      ^_^
      Full support dah buat agan..

      Hapus
  4. rahasianya itu to mas. pantes kerasa enteng banget loading blog ini. keren

    BalasHapus
  5. 58.439 alexa dahsyaat....tapi makin kedepan makin banyak iklan nih sob....makin banyak juga nih pemasukan....xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bos, dibawah ini hasilnya:

      {img}http://1.bp.blogspot.com/-DLhTGErBZrA/TxKE33qFFfI/AAAAAAAAAmw/npBH_gC0XvI/s450/dollar.jpg{/img}

      Wkwkwkwkwk... =)) =)) cuma dapat gambar karung uang doang...

      Pemasukan untuk kelangsungan blog juga, lha bayar hosting dan lain-lain... :)

      Hapus
  6. wah sayang sekali ngak ada tutorialnya :|

    BalasHapus

Links
About | Contact Us | Info Iklan | Privacy Statement | Disclaimer | Link to Us | Help | Whois | Ping  Sitemap
Copyright © 2009  Warung Bebas. Hosted on Blogger.Com Top
Warung Bebas