Dua Kalkulator Kehamilan Puisi Lucu & Romantis Kalimat/Ungkapan Indah Ucapan Selamat Malam Romantis Kata-2 GalauKoleksi Kata-Kata Gombal Mukio
Download Ringtone Lucu Gokil
Curhat Cewek Tentang Cowok
Punya Pacar vs LDR vs Jomblo
Alat Membuat Tulisan Gaul Alay
Alat Membuat Tulisan Terbalik
Daftar Semua Kategori:X
X
Ramalan Zodiak Hari Ini Kata Mutiara Cinta Kompilasi Lagu Nostalgia Cara Download Video Youtube Status Facebook LucuKumpulan SMS Cinta Romantis

Tempe Goreng Lezat Tempe adalah makanan khas kita bangsa Indonesia, (*) walaupun makanan ini terkesan “murah” namun sebenarnya mengandung gizi tinggi, apalagi yang saat sulit tidak punya duit buat beli daging, bisa diganti dengan tempe karena juga mengandung protein nabati. Uniknya lagi, dari banyak makanan yang berasal dari kedelai yang ada disekitar kita, tempe adalah yang asli berasal dari Indonesia. Yang lain seperti tahu, kecap dll kebanyakan dari China atau Jepang. Apalagi sekarang tempe sudah mendunia lho...

Tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer (kapang roti), atau Rh. arrhizus. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai "ragi tempe".

Kapang yang tumbuh pada kedelai menghidrolisis senyawa-senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana yang mudah dicerna oleh manusia. Tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Berbagai macam kandungan dalam tempe mempunyai nilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan pencegah penyakit degeneratif. Baiklah sekarang mari kita bahas ke masalah caranya membuat tempe.

Bahan-bahan membuat tempe:

  1. Kacang kedelai 2 kg
  2. Ragi tempe 1 sdm
  3. Tepung Sagu/Tapioka 1 sdm

Cara Membuat Tempe:

  1. Rebus Air di panci, setelah mendidih angkat. Masukan kacang kedelai kedalam panci yang berisi air mendidih tadi, diamkan sampai air hangat. Kacang kedelai tadi di buang kulitnya, sampai bersih.
  2. Rebus kacang kedelai sampai airnya mengeluarkan buih/empuk. Buang air rebusan tadi sampai kering, lalu masukan kacang kedelai kewadah yang datar yang bawahnya dialasi kain/handuk kecil, biar meresap dan tempe cepat kering.
  3. Setelah kacang kedelai kering, pindahkan tempe ke wadah yang cekung/bowl. Masukan Ragi tempe dan tepung sagu sambil di aduk aduk dan tercampur rata.
  4. Masukan Tempe kedalam Plastik dan rapatkan ujung plastiknya. Tusuk tusuk Plastik dengan ujung pisau sebanyak 8 tusukan dan di baliknya 8 tusukan,untuk mendapatkan udara.
  5. Setelah semua selesai masukan tempe ke dalam tempat yang hangat/kotak, tutup dengan kain/handuk kecil, jangan di buka buka kurang lebih selama 36 jam.

Ragi tempe dapat diperoleh di penjual kacang kedelai, ragi ini beda dengan ragi roti atau ragi tape.

Selamat mencoba! Eh iya, sekalian dibawah ini agar lebih lengkap ada video cara membuat tempe, juga disertakan daftar video yang mengandung kata "membuat tempe". Mungkin perlu bagi para siswa yang dapat tugas dari sekolah.

Video “Cara Membuat Tempe”

Tempe buatan sendiri mungkin lebih :-bd enak, karena dibuat bukan dengan nilai komersial, namun dengan rasa cinta. :x :)

Komentar FacebookSembunyikanSelalu TampilkanJangan Pernah TampilkanStatus:
 

2 komentar terhadap "Cara Membuat Tempe (Video Pembuatan Tempe)"

Links
About | Contact Us | Info Iklan | Privacy Statement | Disclaimer | Link to Us | Help | Whois | Ping  Sitemap
Copyright © 2009  Warung Bebas. Hosted on Blogger.Com Top
Warung Bebas