Dua Kalkulator Kehamilan Puisi Lucu & Romantis Kalimat/Ungkapan Indah Ucapan Selamat Malam Romantis Kata-2 GalauKoleksi Kata-Kata Gombal Mukio
Download Ringtone Lucu Gokil
Curhat Cewek Tentang Cowok
Punya Pacar vs LDR vs Jomblo
Alat Membuat Tulisan Gaul Alay
Alat Membuat Tulisan Terbalik
Daftar Semua Kategori:X
X
Ramalan Zodiak Hari Ini Kata Mutiara Cinta Kompilasi Lagu Nostalgia Cara Download Video Youtube Status Facebook LucuKumpulan SMS Cinta Romantis

Batik Tips agar batik tahan lama, perlu penanganan yang khusus. (*) Setelah batik ditetapkan sebagai warisan budaya dunia asal Indonesia oleh United Nations Education Social and Cultural Organization (UNESCO), sebagian perempuan ingin sekali berpenampilan menarik dengan batik. Baju batik dan kain batik memerlukan perawatan khusus supaya tetap terlihat bagus dan cantik sepanjang waktu. Berikut tips merawat kain batik agar tetap terjaga kecantikannya.

Gunakan sabun mandi dan kulit jeruk

Jika batik Anda terkena noda seperti makanan, maka Anda dapat menghilangkannya dengan mengusapkan sabun mandi secukupnya dan kulit jeruk pada bagian yang terkena noda saja. Kemudian bilas dan jangan peras terlalu keras.

Jangan menyikat batik

Hal ini dapat mengakibatkan warna dan tekstur batik lama kelamaan akan pudar. Kalau sekiranya tidak terlalu kotor, cukup dicuci dengan air hangat.

Ketahui teliti teknik setelah pencucian

Hal fatal kedua setelah tahap pencucian kain batik yang perlu kita perhatikan adalah proses setelahnya seperti saat kita menjemur, rentangkan kain batik agar tidak ada bagian terlipat.

Hindari penyemprotan wewangian secara langsung

Batik Sebaiknya jangan diberi pewangi dan pelembut kain di batik tulis. Jika ingin memakai pewangi atau parfum jangan disemprotkan secara langsung terutama di kain batik sutra.

Jangan simpan batik di tempat lembab

Untuk penyimpanan ini, taruhlah batik di dalam plastik pakaian agar terhindar dari kutu busuk dan rayap. Jangan memberi kapur barus karena dapat merusak kain batik.

Taruhlah merica yang telah dibungkus tisu untuk mengusir serangga yang mengganggu. Jika Anda pengoleksi kain batik seringlah dikeluarkan dari almari untuk diangin-anginkan 2-3 menit.

Proses penyetrikaan

Dalam hal penyeterikaan batik, sebaiknya jangan menyetrika secara langsung. Berikan alas kain putih di atas kain batik yang akan disetrika.

via - inilah.com

Komentar FacebookSembunyikanSelalu TampilkanJangan Pernah TampilkanStatus:
 

0 komentar terhadap "Tips Supaya Batik Tahan Lama"

Links
About | Contact Us | Info Iklan | Privacy Statement | Disclaimer | Link to Us | Help | Whois | Ping  Sitemap
Copyright © 2009  Warung Bebas. Hosted on Blogger.Com Top
Warung Bebas