Dua Kalkulator Kehamilan Puisi Lucu & Romantis Kalimat/Ungkapan Indah Ucapan Selamat Malam Romantis Kata-2 GalauKoleksi Kata-Kata Gombal Mukio
Download Ringtone Lucu Gokil
Curhat Cewek Tentang Cowok
Punya Pacar vs LDR vs Jomblo
Alat Membuat Tulisan Gaul Alay
Alat Membuat Tulisan Terbalik
Daftar Semua Kategori:X
X
Ramalan Zodiak Hari Ini Kata Mutiara Cinta Kompilasi Lagu Nostalgia Cara Download Video Youtube Status Facebook LucuKumpulan SMS Cinta Romantis

Search Terms From Search Engine Posting ini sekedar menjawab pertanyaan :-/ beberapa kawan blogger yang ingin tahu bagaimana membuat recent search terms dan search terms untuk postingan tertentu pada blog yang menggunakan blogger.com / blogspot.com, namun sebenarnya sulit menjelaskan detil, akhirnya sebisa-bisanya ditulis. :( Selama ini mungkin sudah banyak tahu tentang plugin stt2 yang dipasang di wordpress self hosting, tapi untuk blog dengan blogger.com tentu saja tidak bisa, karena kita tidak punya akses ke databasenya.

Lalu bagaimana solusinya? tentu saja kita harus menggunakan database diluar blogger.com untuk mencatat atau merekam data keyword dari mesin pencari lalu data itulah yang kemudian dipanggil dalam bentuk javascript.

Fungsinya apa? fungsinya bisa untuk informasi bagi pengunjung yang akan melihat keyword-keyword tertentu yang seringkali unik dan datanya dinamis karena akan selalu reload dari data terbaru (bisa diatur). Daya tarik ini bisa meningkatkan pageviews, untuk lebih maksimal, letakkan dekat dengan form search blog. Selain itu fungsinya bisa untuk SEO, tapi perlu digaris-bawahi bahwa SEO disini lebih pada Off Page SEO dibanding On Page SEO, beda dengan plugin stt2 pada wordpress yang lebih condong pada On Page SEO. Dan untuk SEO, maka harus dibantu oleh situs lain yang tidak menggunakan blogspot, sehingga linknya berupa HTML bukan javascript. Bingung?

blogger Sharing konsep ini bukan ditujukan bagi pemula yang masih benar-benar awal, dan tidak familiar dengan javascript HTML dan PHP. Tapi bagi yang mengerti maka semoga bisa membantu membuat aplikasi yang dibutuhkan. Baiklah berikut ini konsep kerangka kerja dari search terms untuk blogspot.

Untuk melakukan pencatatan membutuhkan situs khusus yang menggunakan self hosting dan memiliki fitur database, biasanya MySQL, kita gunakan saja Blog A = Blog menggunakan blogspot, dan Situs B = Situs menggunakan self Hosting (bisa menggunakan subdomain).

1. Proses Merekam Keywords

a. Menangkap keywords dari referrer mesin pencari ke Blog A

Untuk menangkap keyword kita bisa menggunakan kode javascript:

document.referrer;

Untuk praktek penangkapan keyword, dibawah ini contoh script yang akan menangkap query keyword masuk dari google, bisa dikembangkan multi search engine.

var ate_se_r=document.referrer;
var ate_qs=ate_se_r.indexOf('q=');
var ate_qe=ate_se_r.indexOf('&',ate_qs);
var ate_st;
if (ate_qe>0) {
ate_st=ate_se_r.substr(ate_qs+2,ate_qe-ate_qs-2);
} else {
ate_st=ate_se_r.substr(ate_qs+2);
}
if (!ate_se_r || ate_se_r.split('.')[1]!='google') {
document.write('Anda bukan datang dari Google');
} else if (ate_qs>0) {
document.write(unescape(ate_st.toLowerCase()).replace(/\+/gi,' '));
}

Efek kode diatas bisa diperhatikan pada kotak dibawah ini, jika datang dari google membuka postingan ini, maka tulisan warna merah akan berupa kata-kata dari keyword yang diketikkan di google. (Jika ingin mencoba jika datang dari google, silahkan coba link-link ditabel bawah, kemudian klik ke posting ini dari hasil pencarian google, nanti akan berubah isi kotak dibawah, atau gunakan kombinasi keywords beda yang kira-kira posting ini akan muncul di SERP Google).

Keywords SERP
konsep search terms from search engine blogger/blogspot Klik
search terms search engine blogger/blogspot Klik
konsep search terms blogger/blogspot Klik
konsep search terms untuk blogspot Klik

Berdasarkan keyword itulah nanti untuk memicu perintah query pada file php di situs B.

b. Script di Blog A memerintahkan merekam data di Situs B

Dari keyword diatas, lalu kita perintahkan memanggil file php yang berisi query string, perintah bisa dibentuk dengan permintaan query javascript (src).

Proses pencatatan di situs B sebaiknya melakukan pengecekan keyword yang sama, untuk menghemat ukuran database, jadi file php harus melakukan pengecekan apakah keyword untuk URL tertentu ada yang sudah pernah terekam, jika belum barulah ditambahkan.

Design yang dibutuhkan sesuaikan saja dengan keinginan, jumlah field tergantung kebutuhan Anda untuk kebutuhan filter.

2. Proses Memanggil Data Keywords

a. Memanggil data di blog dengan javascript untuk blogspot

Ini untuk menampilkan data di blog A dan data dipanggil dari situs B, untuk script silahkan dibuat sesuai kebutuhan termasuk filter-filternya, untuk contoh saja bisa dilihat di link berikut, yang bisa dipanggil sebagai source (src) javascript:

Untuk Recent Search Terms:
Aplikasi sudah dihapus

Untuk Search Terms Post Tertentu:
Aplikasi sudah dihapus

b. Memanggil data di blog dengan format xml/txt untuk blog self hosting

Disinilah letak SEO dinamisnya. Blog blogspot kita bisa mendapatkan link dinamis dan keyword berubah-ubah dari situs lain jadi semacam membangun backlink otomatis yang kaya anchor keywords. Misalnya untuk link ke www.warungbebas.com, bisa dilinkback dari situs WP lain secara dinamis dan sewaktu-waktu crawler search engine datang halaman akan berubah, so disini memang perlu memiliki beberapa situs untuk saling tukar link dinamis. Ini akan memperkuat halaman post di SERP.

Contoh data dalam bentuk xml/txt seperti link dibawah ini:

Aplikasi sudah dihapus

Hasil file data diatas bisa kita parse dengan metode php file_get_contents(), sehingga outputnya akan berupa HTML. Bisa dilekatkan pada wordpress dan platform lain dengan kode php.

Nah bisa seperti tukar link dinamis kan? dan efeknya benar-benar terasa, semua otomatis tanpa capek mengubah manual link.

Note:

Semua kode diatas adalah kode praktek yang disederhanakan dan link diatas itu contoh jadi, dimana bisa dilihat datanya seperti apa bentuknya, jika familiar dengan kerangka kerja html, javascript, php, dan xml blogger, maka Anda akan bisa membuat aplikasi diatas.

Sebenarnya ingin juga memberikan widget untuk kawan-kawan seperti halnya TV Online dan automatic video script, tapi masih kuatir hostingnya gak kuat kalau akses load terlalu besar. Sampai saat ini hanya situs kawan-kawan belajar praktek yang memakai.

Daripada setelah memberikan widget kemudian server kolaps, dan malah bikin kacau blog orang mendingan memberikan kerangka konsepnya saja. Lha jelasin konsep gini aja sudah panjang banget postingannya sampe capek bikinnya. :(

Untuk melihat contoh data detil, navigasi, filter data dari report search terms diatas dalam bentuk HTML bisa dilihat di Aplikasi sudah dihapus. Mungkin bisa dijadikan referensi nyata. Dengan cara ini, maka plugin stt2 sudah tidak diperlukan lagi, karena script diatas juga bisa digunakan untuk wordpress dll, dan bisa kumpul datanya, jadi lebih mudah dalam evaluasi total.

UPDATE: Aplikasi di Warung Bebas sudah dihapus, jadi maaf ulasan di posting ini menjadi tanpa contoh yang bisa dilihat, namun dulu memang pernah diterapkan. Semua text “Aplikasi sudah dihapus” diatas dulu adalah URL contoh.

Komentar FacebookSembunyikanSelalu TampilkanJangan Pernah TampilkanStatus:
 

20 komentar terhadap "Konsep Merekam Search Terms From Search Engine Pada Blogger/Blogspot"

  1. kasih tutorial cara pembuatannya donk bang :)

    BalasHapus
  2. @Vista 84: Nulisnya gak sanggup bro :( kalau satu postingan jelas gak akan selesai, karena pembuatannya manual, bukan paket script jadi...

    BalasHapus
  3. Leh minta downloadan scriptnya gak bos ??

    BalasHapus
  4. halo sob, sebelumnya salam kenal.. saya tertarik dengan cara ini, bisakah di buatkan tutorialnya atau cara membuatnya. yah kalau gak bisa.. minta scriptnya saja boleh gak...

    makasih ditunggu responnya nih.

    BalasHapus
  5. sumpah pusing, bagaimana cara memasukan keyword kedalam db nya !

    BalasHapus
  6. @Ali Munandar: :D javascriptnya akan memanggil file php dengn query data search term, dan php itu yg merekamnya ke database...

    BalasHapus
  7. Semuanya jelas. Tapi sayangnya masih ada yang kurang lengkap, yaitu cara implementasinya dalam format javascript ke blogspot.

    BalasHapus
  8. bos, ane bingung nih.. itu dns.warungbebas.com dihost dari tempat lain buat khusus dns.warungbebas.com ya? bisa gitu ya gan? kan yang ini (warungbebas.com) ada di blogger? kirain kalo domain udah di blogger, gak bisa subdomain dikostin di tempat laen. tolong kasih penjelasan dong.

    BalasHapus
  9. @Cahya: :) Yang dibutuhkan blogger.com hanya sub domain, www itu jg subdomain, kita bisa membuatnya lagi sebanyak mungkin subdomain, bisa di blogger juga atau di host di tempat lain. Bahkan meskipun www ke blogger.com, TLD-nya tetap bisa kok di host di tempat lain. hanya saja untuk warungbebas ini TLD-nya di redirect permanent (301) ke www-nya...

    Untuk contoh pake CMS lain lihat di bookmark.warungbebas.com

    Semoga membantu memperjelas...

    BalasHapus
  10. mas bagaimana membuat subdoamain khusus untuk merekam search terms...!! seperti di subdomain dns.warungbebas.com punya mas...?/

    BalasHapus
  11. @AsyArieL Gate: ya dibuatkan subdomain bro.. lalu dihost (pake addons fitur jg bisa) ke hosting kita.

    Entah sulitnya dimana? lha persis sama dengan host blog wp dll...

    BalasHapus
  12. trus kalo mau buat search terms.. seperti dibawah kotak komentar ini, gmn...??
    kan plugin search terms hanya ada di wordpress..!!
    sedangkn blog punya mas ikut blogger/blogspot kok bisa dipasang Search terms...?!!

    BalasHapus
  13. @AsyArieL Gate: Search terms dibawah post sudah dilepas, tinggal di sidebar saja untuk search terms harian, karena script ini memakan memori banyak saat load tinggi. TV Online sampe kolaps mulu krn satu server, jadi pakai database chace harian skrng. proses merekam incoming search terms baru saja hanya disetting malam saja saat sepi trafik.

    Kalau mau lihat yg masih dipasang lihat di homepage, sidebar dan dihalaman kategori untuk matching search terms by keywords (lihat contoh disini untuk pencarian => lihat contoh disini)

    Search terms bisa dipasang dimana saja bro, kl wp kan pake plugin stt2, ini bikin sendiri, untuk semua platform, bisa untuk drupal, joomla, wp, pligg dll, pokoknya semua bisa...

    kalau cari script jadi memang gak ada... bikin sendiri

    BalasHapus
  14. Nah tolong donk diajari cara buat scriptnya gmna....!!!

    BalasHapus
  15. Kalaun gitu saya minta tutorial cara membuat script STT2 untuk blogspot donk.......??

    BalasHapus
  16. @AsyArieL Gate: :d Lha diatas itu kan sudah dibeberkan alurnya? kalau dari awal alias dari 0 sampe selesai dan step by step, waduuh... b-( capek nulisnya gan... puanjang banget, kalau mau dishare scriptnya juga gak mudah, karena tablenya aku bikin manual dari phpmyadmin, jadi maap ya... ^:)^

    BalasHapus
  17. Wah, susah banget !
    Ada tutorial untuk wordpress tanpa plugin nggak ?

    BalasHapus
  18. @Blogger Bodoh: Kalau sudah ada plugin lalu buat apa bkin lagi? buang2 waktu aja kan? :D

    BalasHapus
  19. Wah bagi saya yang newbie...ga masuk nih gan.....

    BalasHapus

Links
About | Contact Us | Info Iklan | Privacy Statement | Disclaimer | Link to Us | Help | Whois | Ping  Sitemap
Copyright © 2009  Warung Bebas. Hosted on Blogger.Com Top
Warung Bebas