Dua Kalkulator Kehamilan Puisi Lucu & Romantis Kalimat/Ungkapan Indah Ucapan Selamat Malam Romantis Kata-2 GalauKoleksi Kata-Kata Gombal Mukio
Download Ringtone Lucu Gokil
Curhat Cewek Tentang Cowok
Punya Pacar vs LDR vs Jomblo
Alat Membuat Tulisan Gaul Alay
Alat Membuat Tulisan Terbalik
Daftar Semua Kategori:X
X
Ramalan Zodiak Hari Ini Kata Mutiara Cinta Kompilasi Lagu Nostalgia Cara Download Video Youtube Status Facebook LucuKumpulan SMS Cinta Romantis

Helm SNI Pemberlakuan memakai helm SNI (*) ber-standar nasional Indonesia memang sudah berlaku dari tahun 2010 di Jakarta, namun untuk daerah lainnya masih belum merata pemberlakuannya, namun tidak tertutup kemungkinan peraturan ini akan diterapkan pada semua pengguna sepeda motor di Indonesia, karena meskipun harga Helm Standar Nasional Indonesia lebih mahal daripada helm biasa namun untuk keamanan dan harga nyawa sebenarnya memang baik untuk dipakai.

Langsung saja kita simak kualifikasi dari Helm SNI (Standar Nasional Indonesia):

Helm Standar Nasional Indonesia Ciri-ciri Helm SNI:

  1. Ada logo timbul SNI
  2. Batok lebih tebal
  3. Perkiraan harga antara Rp 65.000 - Rp 350.000
  4. Busa dalam lebih tebal
  5. Ada Tali Pengaman

Material

Bahan helm harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:

  1. Dibuat dari bahan yang kuat dan bukan logam, tidak berubah jika ditempatkan di ruang terbuka pada suhu 0 derajat Celsius sampai 55 derajat Celsius selama paling sedikit 4 jam dan tidak terpengaruh oleh radiasi ultra violet, serta harus tahan dari akibat pengaruh bensin, minyak, sabun, air, deterjen dan pembersih lainnya.
  2. Bahan pelengkap helm harus tahan lapuk, tahan air dan tidak dapat terpengaruh oleh perubahan suhu.
  3. Bahan-bahan yang bersentuhan dengan tubuh tidak boleh terbuat dari bahan yang dapat menyebabkan iritasi atau penyakit pada kulit, dan tidak mengurangi kekuatan terhadap benturan maupun perubahan fisik sebagai akibat dari bersentuhan langsung dengan keringat, minyak dan lemak si pemakai.

Konstruksi

Konstruksi helm harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Helm harus terdiri dari tempurung keras dengan permukaan halus, lapisan peredam benturan dan tali pengikat ke dagu.
  2. Tinggi helm sekurang-kurangnya 114 milimeter diukur dari puncak helm ke bidang utama yaitu bidang horizontal yang melalui lubang telinga dan bagian bawah dari dudukan bola mata.
  3. Keliling lingkaran bagian dalam helm adalah sebagai berikut:
    UkuranKeliling Lingkaran Bagian dalam (mm)
    SAntara 500 – kurang dari 540
    M Antara 540 – kurang dari 580
    LAntara 580 – kurang dari 620
    XLLebih dari 620
  4. Tempurung terbuat dari bahan yang keras, sama tebal dan homogen kemampuannya, tidak menyatu dengan pelindung muka dan mata serta tidak boleh mempunyai penguatan setempat.
  5. Peredam benturan terdiri dari lapisan peredam kejut yang dipasang pada permukaan bagian dalam tempurung dengan tebal sekurang-kurangnya 10 milimeter dan jaring helm atau konstruksi lain yang berfungsi seperti jaring helm.
  6. Tali pengikat dagu lebarnya minimum 20 milimeter dan harus benar-benar berfungsi sebagai pengikat helm ketika dikenakan di kepala dan dilengkapi dengan penutup telinga dan tengkuk.
  7. Tempurung tidak boleh ada tonjolan keluar yang tingginya melebihi 5 milimeter dari permukaan luar tempurung dan setiap tonjolan harus ditutupi dengan bahan lunak dan tidak boleh ada bagian tepi yang tajam.
  8. Lebar sudut pandang sekeliling sekurang-kurangnya 105 derajat pada tiap sisi dan sudut pandang vertikal sekurang-kurangnya 30 derajat di atas dan 45 derajat di bawah bidang utama.
  9. Helm harus dilengkapi dengan pelindung telinga, penutup leher, pet yang bisa dipindahkan, tameng atau tutup dagu.
  10. Memiliki daerah pelindung helm.
  11. Helm tidak boleh mempengaruhi fungsi aura dari pengguna terhadap suatu bahaya. Lubang ventilasi dipasang pada tempurung sedemikian rupa sehingga dapat mempertahankan temperatur pada ruang antara kepala dan tempurung.
  12. Setiap penonjolan ujung dari paku/keling harus berupa lengkungan dan tidak boleh menonjol lebih dari 2 mm dari permukaan luar tempurung.
  13. Helm harus dapat dipertahankan di atas kepala pengguna dengan kuat melalui atau menggunakan tali dengan cara mengaitkan di bawah dagu atau melewati tali pemegang di bawah dagu yang dihubungkan dengan tempurung.

Setelah tahu kualifikasi helm SNI, mungkin akan bertanya lagi, helm merk apa yang memenuhi standar itu? Boleh dikatakan, jika Anda menggunakan helm dengan standar internasional, sebagian besar memenuhi standar SNI. Untuk lebih jelasnya lihat tabel berikut:

Daftar Merk Helm SNI
NHK GM VOG MAZ
MIX INK KYT MDS
BMC HIU JPN BESTI
CROSX SMI SHC OTOKOGI
CABERG HBC Cargloss Helmet  
Daftar Merk Helm Standar Internasional yang bukan SNI
Nolan Arai AGV Shoei
Shark KBC    

Note: Mungkin saja data merk diatas mengalami perubahan, jika Anda punya informasi lebih update, silahkan berikan tambahan dikomentar agar kawan-kawan netter lain tidak tersesat membaca informasi ini.

Helm Standar Nasional Indonesia Menurut data BSN tahun 2010, 8 perusahaan anggota Asosiasi Industri Helm Indonesia (AIHI) yang produknya sudah lulus helm Standar Nasional Indonesia:

  1. PT Danapersadaraya Motor Industri
  2. PT Mega Karya Mandiri
  3. PT Inplasco
  4. PT Tara Kusuma Indah
  5. UD Safety Motor
  6. PT Dinaheti Motor Industri
  7. PT Helmindo Utama
  8. CV Triona Multi Industri

Semoga bermanfaat dan selain tidak akan ditilang polisi, keamanan dan kenyamanan berkendara sepeda motor Anda terjamin.

Komentar FacebookSembunyikanSelalu TampilkanJangan Pernah TampilkanStatus:
 

2 komentar terhadap "Kualifikasi Helm SNI dan Daftar Merk Helm Standar Nasional Indonesia"

  1. Di daerah mulai muncul helm dengan logo palsu...
    Yang malsu makin canggih.
    Kasihan konsumennya.
    Dibohongi melulu

    BalasHapus
  2. @marsudiyanto: Sudah pasti itu... :( karena memang negeri ini subur kalau untuk yang namanya pemalsuan...

    BalasHapus

Links
About | Contact Us | Info Iklan | Privacy Statement | Disclaimer | Link to Us | Help | Whois | Ping  Sitemap
Copyright © 2009  Warung Bebas. Hosted on Blogger.Com Top
Warung Bebas