Dua Kalkulator Kehamilan Puisi Lucu & Romantis Kalimat/Ungkapan Indah Ucapan Selamat Malam Romantis Kata-2 GalauKoleksi Kata-Kata Gombal Mukio
Download Ringtone Lucu Gokil
Curhat Cewek Tentang Cowok
Punya Pacar vs LDR vs Jomblo
Alat Membuat Tulisan Gaul Alay
Alat Membuat Tulisan Terbalik
Daftar Semua Kategori:X
X
Ramalan Zodiak Hari Ini Kata Mutiara Cinta Kompilasi Lagu Nostalgia Cara Download Video Youtube Status Facebook LucuKumpulan SMS Cinta Romantis

Cara Mengatur Sitelink Google Kembali berbagi pengalaman ngeblog. :D Ups...! sebelumnya ngomong-ngomong gambar awal postnya hot juga ya... ;)) Kali ini adalah bagaimana melakukan pengaturan Sitelink blog kita di SERP Google. Kita tahu bahwa sitelink itu bisa dikatakan “hadiah” dari google, artinya kita tidak memiliki akses khusus untuk mengubahnya sendiri sesuai keinginan. Satu-satunya akses kita hanyalah memblokir sitelink tertentu yang tidak kita inginkan, namun untuk menambahkan kita tidak bisa langsung melakukannya dari Google Webmaster Tool.

Sitelink ini bisa dikatakan salah satu parameter pengukuran tingkat popularitas sebuah situs/blog dimata google, mendapatkan sitelink sebenarnya mudah, karena sitelink sendiri ada tingkatnya lagi. Kalau hanya sitelink untuk homepage situs yang kita miliki, ini tidak aneh, yang sulit itu mendapatkan sitelink di banyak halaman, untuk kasus ini sudah dimiliki oleh situs semacam wikipedia dan twiter. Sehingga untuk topik tertentu, sitelinknya bisa banyak sekali.

Tips mengatur sitelink kali ini khusus untuk blog saja, namun jika Anda sudah peka terhadap teknik SEO maka teknik ini bisa dikembangkan lebih jauh, khususnya jika Anda mampu mengedit theme/template agar memiliki fitur link dinamis. Link dinamis ini untuk blog yang berplatform blogspot memang agak sulit karena keterbatasan akses data, tapi jika menggunakan self hosting, maka bisa Anda kembangkan.

Memblokir link tertentu dari Sitelink

Dibahas lebih dulu karena ini adalah yang lebih mudah karena sudah ada fasilitasnya. Untuk melakukan pemblokiran ini sudah disediakan di GWT (Google Webmaster Tool), kita butuh melakukan pemblokiran mungkin disebabkan agar link yang tidak kita inginkan tidak muncul di SERP, untuk kasus ini contohnya seperti gambar dibawah ini:

sitelink3

sitelink2Sebenarnya google telah memberikan link yang di blok, tapi karena sudah diblokir maka menjadi tidak muncul di SERP sitelink homepage Warung Bebas, lihat disini.

Untuk melakukan pemblokiran seperti diatas, Anda silahkan mengaturnya di GWT:

https://www.google.com/webmasters/tools/

Lalu pilih menu seperti gambar disamping kiri yang ditandai kotak biru. Nanti akan ada menu seperti gambar diatas.

Setelah ada link yang diblokir maka biasanya google akan menggantinya dengan link lainnya, jika masih juga tidak sesuai, Anda bisa melakukan pemblokiran lagi dari link baru yang diberikan.

Pemblokiran ini hanya berlaku pada sitelink homepage sebuah situs, untuk sitelink yang page/halaman posting tidak ada pengaturannya, jadi kita hanya bisa menerima saja, tapi bisa diatur dengan theme situs/blog kita.

Menambahkan Link Tertentu Sesuai Keinginan di Sitelink

Nah inilah tips mangatur sitelink yang sesungguhnya. Kita bisa mempengaruhi keputusan Google dengan mengatur template kita.

Google sebenarnya memberikan sitelink dengan memahami struktur halaman situs/blog kita (termasuk link pada subdomain), khususnya navigasi yang ada di blog, kemudian dicocokkan dengan tingkat akses tinggi untuk halaman tertentu yang telah direkam Google.

Oleh karena itu sebenarnya tipsnya sederhana saja, yaitu buatlah link pada menu-menu yang ada di blog kita dengan link ke halaman yang kita inginkan menjadi sitelink. Pengaturan untuk sitelink ini bisa kita gunakan optimasi OnPage SEO. Sebagai contohnya perhatikan gambar berikut ini:

sitelink

Gambar diatas diambil saat posting ini dibuat, so sitelink selalu berubah mengikuti data akses visitor di Google, Anda bisa melihat data terkini disini. Perhatikan! Bahwa semua sitelink yang ada di SERP pasti ada link yang ada di template blog ini, baik link yang ada diatas maupun dibawah. Dari link yang tersebar di template itulah kemudian Google mengambil beberapa yang aksesnya terbanyak (dari mesin pencari tentunya).

Sitelink Halaman Khusus (Halaman Posting)

Sitelink ini bukan untuk homepage tapi adalah untuk halaman tertentu, untuk jelasnya perhatikan gambar-gambar berikut ini atau lihat hasil di SERP.

sitelink-post-1
SERP gambar diatas lihat disini

sitelink-post-2
SERP gambar diatas lihat disini

sitelink-post-3
SERP gambar diatas lihat disini

Untuk mengatur agar bisa memiliki sitelink seperti diatas itu sebenarnya hanya dengan menggunakan menu breadcrumb, jadi pastikan juga pengaturan label/category posting Anda lebih teratur. Untuk situs self hosting misalnya dengan wordpress, maka bisa lebih dioptimasi dengan beberapa link breadcrumb dengan trik category yang memiliki hierarchy.

Multiple Sitelink Untuk Multiple Pages

Jika situs sudah benar-benar kualitas 1 dimata Google, maka link widget related post yang benar-benar memiliki keyword sejenis akan menjadi sitelink banyak untuk tiap halaman, seperti sitelink halaman homepage.

Untuk blog yang menggunakan platform blogger.com kayak blog ini, sayang sekali, sulit sekali melakukan trik widget related post ini, karena meskipun kita pasangi, tapi masih menggunakan javascript, jadi bukanlah tag HTML outputnya, sehingga tidak akan menjadi sitelink.

Para pemakai Drupal, Joomla, Wordpress bisa melakukan pengaturan dengan sangat baik untuk mendapat multiple sitelink ini.

Optimasi SEO Off Page untuk Sitelink

Meskipun sitelink lebih terpengaruh oleh OnPage SEO, tapi 20% (perkiraan Warung Bebas) dipengaruhi juga oleh Off Page SEO. Relasinya adalah besarnya akses halaman dari mesin pencari. Lihat kembali quote diatas.

Google sebenarnya memberikan sitelink dengan memahami struktur halaman situs/blog kita... ...kemudian dicocokkan dengan tingkat akses tinggi untuk halaman tertentu ... dst ...

Logikanya, jika tidak ada halaman tertentu yang diakses banyak dari mesin pencari, bagaimana bisa punya sitelink? Nah agar aksesnya tinggi, maka optimasi OffPage perlu Anda lakukan juga seperti submit ke Social Bookmark Dofollow dll.

Sekian dulu tips kali ini, sudah capek ngetiknya, semoga bermanfaat bagi kawan-kawan blogger lainnya, jika ada analisa yang salah, masukannya silahkan dikomentar, karena semua tips diatas adalah berdasar pengalaman, jika salah dalam menyimpulkan diharapkan ada yang melakukan koreksi agar informasinya tidak menyesatkan.

Note:
Semua link ke SERP diatas sebagai contoh bisa berubah sewaktu-waktu hasilnya, jadi mungkin hasilnya akan berbeda dengan gambar yang ada, karena gambar diambil pada tanggal 18 Februari 2011.

Komentar FacebookSembunyikanSelalu TampilkanJangan Pernah TampilkanStatus:
 

28 komentar terhadap "Cara Mengatur Sitelink Google Untuk Blog Kita"

  1. Master,kok blog saya tdk bisa di setting seperti diatas,seperti ini pemberitahuan dari google :

    Google belum membuat tautsitus untuk situs Anda. Tautsitus telah otomatis sepenuhnya, dan kami menunjukkan mereka hanya ketika tautan-tautan tersebut bermanfaat bagi pengguna. Jika struktur situs Anda tidak memungkinkan algoritma kami menemukan tautsitus yang baik, atau kami merasa bahwa tautsitus tidak sesuai dengan kueri pengguna, kami tidak akan menampilkannya. Akan tetapi, kami selalu bekerja untuk meningkatkan cara kami menemukan dan menampilkan tautsitus.

    kalau seperti itu solusinya bagai mana master,mohon pencerahannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sabar dulu mas, buat dapet sitelink

      Hapus
  2. @B3N7Y BLOG: Lho sebelum bisa mengatur sitelink, situs/blog kita harus sudah diberi sitelink oleh google.

    Mungkin bisa lihat referensi pengalaman Warung Bebas di posting:

    WarungBebas.Com Baru Dapat Sitelink Setelah 9 Bulan

    BalasHapus
  3. Oh,jd tergantung ma Bahh Google :)) kita cuma bisa mengedit atau menambahkan link mana yang akan kita tampilkan !

    BalasHapus
  4. @liu benz: :D yups! makanya diawal posting disebutkan bahwa sitelink adalah hadiah.

    Google cuma memberikan fasilitas memblokir, untuk yang menambahkan ya pakai trik diatas itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam blogger, Sob setahun yang lalu saya pernah konsultasi sama Master Warung bebas,tentang sitelink,sekarang yang saya ingin tanyakan pada blog saya sekarang ini jika saya mengetik alamat blog saya,ada tampilan link tambahan dibawahnya, apakah itu sitelink ?,mohon penjelasanya,thank mastr !

      Hapus
  5. Thanks sob infonya..walaupun aku masih bingung..he3x...salam

    BalasHapus
  6. ini sudah dapat sitelink, enak yaa....

    kaapan saya yg akan dapat site link

    BalasHapus
  7. makasii infonya,

    jadi tambah ilmu

    BalasHapus
  8. menarik sekali ulasan anda tentang optimalisasi sitelink.. terimakasih sudah berbagi..salam kenal dan happyblogging

    BalasHapus
  9. mantap gan trims atas infonya

    BalasHapus
  10. ajarin ngeblog yang bagus ya bos,,, atau bantu biar postingan di blog saya banyak.. terima kasih bos.

    BalasHapus
  11. Thanks sob infonya..,,blog ane baru dapat Sitelink.

    BalasHapus
  12. Blog saya 1 tahun 5 bulan baru dapet sitelink gan. tp kok saya cek di google dgn kata kunci site:www.cybergoblog.com gk ada ya gan? padahal di GWT uda dapat.

    BalasHapus
  13. @Sandro: Jangan pakai query "site:", selain itu memang laporan di GWT mendahului, biasanya efek di SE baru seminggu kemudian sampai 1 bulan. Ini juga berlaku pada perubahan item sitelink, so kalau pertama ya tentu belum muncul.

    BalasHapus
  14. Terus pas di bagian sitelink gwt, ada tulisan efektif 11 november 2011 gan. kalo gk salah ya...

    BalasHapus
  15. Thx untuk infonya... blog ane breadcrumbsnya belum kedetect ma si mbah..

    BalasHapus
  16. makasih mas infonya, tapi cara pengaturan site links di Google webmaster gimana ya mas. Kasih tau dong mas.
    Salam Honda

    BalasHapus
  17. ah serius? ada faktor umur nya website ga mas? pencerahannya dong. jadi ngiler nih pengen dapet sitelinks. hehehe

    BalasHapus
  18. makasih infonya gan... langsung ke TKP untuk praktek

    BalasHapus
  19. Thanks infonya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, sekarang sitelink sudah berubah bentuknya, dan setting di google webmasters tools juga berubah, jadi posting ini sebenarnya sudah expired. Sitelink sekarang sepertinya lebih mudah didapatkan.

      Hapus
  20. wah... share tutorialnya oke banget... thanks ya.. suksesselalu buat warung bebas. salam kenal

    BalasHapus

Links
About | Contact Us | Info Iklan | Privacy Statement | Disclaimer | Link to Us | Help | Whois | Ping  Sitemap
Copyright © 2009  Warung Bebas. Hosted on Blogger.Com Top
Warung Bebas