Dua Kalkulator Kehamilan Puisi Lucu & Romantis Kalimat/Ungkapan Indah Ucapan Selamat Malam Romantis Kata-2 GalauKoleksi Kata-Kata Gombal Mukio
Download Ringtone Lucu Gokil
Curhat Cewek Tentang Cowok
Punya Pacar vs LDR vs Jomblo
Alat Membuat Tulisan Gaul Alay
Alat Membuat Tulisan Terbalik
Daftar Semua Kategori:X
X
Ramalan Zodiak Hari Ini Kata Mutiara Cinta Kompilasi Lagu Nostalgia Cara Download Video Youtube Status Facebook LucuKumpulan SMS Cinta Romantis

Kesalahan Memasang Widget Di Sidebar Kali ini hanyalah sebuah ungkapan keheranan :-/ saja pada beberapa kawan sesama blogger sesama newbie. Keheranan ini adalah berkaitan dengan hoby mereka memasang widget-widget di sidebar mereka. Heran dan juga mungkin postingan ini bisa memberikan saran dan tentu saja tidak bermaksud menggurui, karena sama-sama dalam proses belajar.

Ini bermula ketika mengamati para pengguna widget TV streaming / TV online dan Video berdasar keyword, yang mana data penggunanya bisa dilihat di Daftar Pengguna Widget Warung Bebas. Memang tidak semuanya, tapi banyak sekali yang memasang widget ini di sidebar, tentu saja itu hak pemilik blog, namun kenapa?, :-/ apakah agar terlihat bahwa blog Anda memiliki fasilitas itu? Padahal karena hal ini, justru kerugiannya jauh lebih besar dibanding keuntungannya. Perhatikan 3 faktor yang merupakan kerugian jika widget tertentu dipasang di sidebar berikut ini:

  1. Blog akan semakin berat diload tiap halamannya
  2. Kita tahu bahwa postingan, halaman label/kategori blog kita dibuka, maka sidebar akan ikut dibuka? iya kan? dengan begitu maka semua halaman akan menjadi dibebani widget yang sebenarnya gak perlu untuk topik postingan tertentu.

    Misalnya jika pengunjung membuka halaman Tips Menambah Tinggi Badan Tanpa Obat secara Alami, sebenarnya mereka gak perlu disuguhi TV, kecuali hanya link informasi saja sebagai daya tarik. Ini tentu saja juga berpengaruh dengan konsep baru Google Caffein, yang menilai faktor kecepatan sebagai salah satu faktor hasil SERP.

  3. Blog tidak akan memiliki kata kunci yang "tajam" untuk bersaing di SERP
  4. Yang dimaksud kata kunci disini adalah kata kunci berkaitan dengan widget. Misalnya jika Anda memasang widget kumpulan video lucu di sidebar, lalu halaman mana dari blog Anda akan memiliki kata kunci tertarget untuk keyword itu? karena tiap halaman dibuka maka video akan ikut dibuka, bedakan dengan kalau dipostingan, dari judul saja sudah bisa menarik pengunjung yang mencari video lucu dari mesin pencari.

    Jadi memasang widget seperti kasus diatas, adalah membuang sebuah kesempatan b-( yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan trafik blog. :-ss

  5. Bisa mengganggu pada jenis pengunjung tertentu
  6. Faktor ini adalah efek dari faktor pertama diatas, mungkin koneksi internet Anda cepat, tapi perlu diketahui bahwa tidak semua orang menggunakan koneksi internet cepat, misalnya yang menggunakan koneksi SMART, kasihan kalau dia membuka postingan semacam Resep Perkedel Ikan yang lalu dibebani dengan harus meload TV Online ~x( di sidebar Anda, @-) 80% kemungkinannya mereka akan mencari situs lain jika ada informasi sejenis, karena putus asa menunggu load blog Anda gak selesai-selesai. (:| i-)

    Bahkan yang menggunakan koneksi cepat sekalipun tetap saja lebih suka membuka yang cepat selesai diload dibanding yang lama.

Untuk praktek bagi yang belum mengerti penjelasan diatas, bisa membuktikannya dengan membuka halaman disini. Warung Bebas termasuk blog yang berat dibuka, karena templatenya banyak menggunakan gambar, namun Anda bisa bandingkan, lebih cepat mana membuka halaman Nonton TV Online dibanding membuka halaman Tips membeli BlackBerry second? Coba saja kalau ingin membandingkan, dan kalau perlu gunakan stopwatch. ;)) Nah bayangkan kalau TV Online dipasang di sidebar, maka membuka postingan apapun akan sama beratnya, atau setidaknya terbebani sesuatu yang tidak dibutuhkan oleh pengunjung.

Semua diatas itu berlaku untuk blog yang membahas aneka topik, dan tidak berlaku untuk blog dengan niche specifik dimana widgetnya berkaitan dengan niche-nya, misal blog khusus TV Streaming Online, tentu saja wajar kalau memasang TV di sidebar.

Widget memang identik dipasang di sidebar, tapi bukan semua widget? Untuk widget yang mampu menarik trafik dari target kata kunci yang banyak dicari di mesin pencari, lebih baik diletakkan dipostingan atau di static page, contoh widget bersifat ini seperti TV Online atau Video List by Keywords.

Sedikit bukti silahkan klik SERP ini, coba saja jika dipasang di sidebar, apakah akan bisa terindex begitu? tentu saja sulit, karena video akan muncul di tiap halaman dan tidak ada penekanan keywords tertentu pada sebuah halaman. Apalagi untuk topik video saja bisa kita ulang untuk keyword macam-macam dan menambah postingan kita dan index di mesin pencari. Misal Koleksi Video Soccer Best of Showboat, Koleksi Video Gol-Gol Sepak Bola Legendaris, Kumpulan Video Penampakan UFO, dll, bisa jadi pemicu pengunjung kan?.

Adapun widget yang berguna dipasang di sidebar misalnya saja:

  1. Widget Recent Post
  2. Bagus dan bermanfaat ditampilkan ditiap halaman postingan karena memiliki kemungkinan akan menarik pengunjung blog kita membuka postingan terbaru setelah membaca judul yang tampil di sidebar, ini akan meningkatkan pageviews.

    Kita harus ingat bahwa tidak selalu pengunjung membuka blog kita dihalaman depan, jika asal pengunjung dari mesin pencari, 95% justru masuk ke halaman postingan kita, termasuk postingan lama yang sudah tenggelam dan tidak ada lagi di homepage, so saat mereka membaca postingan lama itu, ada kemungkinan mereka tertarik saat membaca judul postingan baru (recent posts).

    Itulah sebabnya widget yang di Warung Bebas dilengkapi tooltip dan cuplikan postingan plus gambar :-bd untuk semakin menarik dan membuat penasaran untuk dilihat. :p

  3. Widget Recent Views
  4. Fungsinya hampir sama dengan widget recent post, karena faktor yang membuat menarik adalah pengunjung akan penasaran, "kok postingan ini dibuka sama orang ya? apakah menarik?... Kok banyak dilihat ya? "

  5. Widget Popular Posts
  6. Hampir sama dengan Recent Views, tentu saja akan membuat pengunjung penasaran, bisa dari judul yang memang menarik, juga bisa disebabkan penasaran kenapa postingan itu bisa menjadi populer?

  7. Iklan
  8. Ini bisa berupa banner affiliasi, self ads atau iklan PPC, tentu saja kalau ini adalah masalah pendapatan bisnis online, dan tidak perlu dibahas lebih jauh.

  9. Dll
  10. Intinya widget yang baik untuk dipasang di sidebar jangan yang berat load datanya dan merupakan tools umum untuk keseluruhan blog sebagai alat navigasi atau fitur pendukung lain.

Nah, ini hanya rasa heran dan ungkapan pendapat dan saran dari seorang kawan sesama blogger saja, jika Anda tidak setuju, tentu saja silahkan abaikan, bahkan kalau Anda menganggap pendapat ini salah dan perlu melakukan protes karena dianggap menyesatkan, silahkan saja ditanggapi di komentar, dan berikan petunjuk dimana pendapat ini bisa salah. Kurang lebihnya jika memang tips ini salah, mohon dimaafkan. ^:)^

Ngomong-ngomong capek juga menulis pendapat sebanyak diatas. 8-}\m/

Komentar FacebookSembunyikanSelalu TampilkanJangan Pernah TampilkanStatus:
 

4 komentar terhadap "Kenapa Harus di Sidebar?"

  1. Ide dan Solusi yang sangat cerdas... Sayang banget kalo gak di ikuti nich... :D

    BalasHapus
  2. Thats right brader!!!
    blog saya juga begitu!!!

    main2 ke blog ane yach!!
    thanks...
    =))

    BalasHapus
  3. 1. Makasih BOS udah ngasih postingan yang udah lama ane cari dan tips-2 yang keren buanget.. tapi Bos.. TV streaming udah ane pasang di postingan, tapi kok masih lambat, kenapa ya..

    2. Bos gimana caranya masukin Mp3 lagu punya sendiri kedalam Blog... Please.. ya bantuin ...
    ~x(

    BalasHapus
  4. @Korek Band: ;) mp3nya mau diputar di blog? aku gak pernah hihi... mungkin ada fasilitasnya di blogger.com, tapi kalau aku pernah pake 4shared.com, selain langsung didownload juga bisa diputar langsung. Contohnya kalau tidak salah ada di posting:

    Lagu Tak Bisa Bersamamu - Luna Maya

    Bisa dipasang di sidebar juga kok...

    BalasHapus

Links
About | Contact Us | Info Iklan | Privacy Statement | Disclaimer | Link to Us | Help | Whois | Ping  Sitemap
Copyright © 2009  Warung Bebas. Hosted on Blogger.Com Top
Warung Bebas