Dua Kalkulator Kehamilan Puisi Lucu & Romantis Kalimat/Ungkapan Indah Ucapan Selamat Malam Romantis Kata-2 GalauKoleksi Kata-Kata Gombal Mukio
Download Ringtone Lucu Gokil
Curhat Cewek Tentang Cowok
Punya Pacar vs LDR vs Jomblo
Alat Membuat Tulisan Gaul Alay
Alat Membuat Tulisan Terbalik
Daftar Semua Kategori:X
X
Ramalan Zodiak Hari Ini Kata Mutiara Cinta Kompilasi Lagu Nostalgia Cara Download Video Youtube Status Facebook LucuKumpulan SMS Cinta Romantis

Gunung Api Setelah Gunung Merapi meletus yang merenggut banyak korban tewas, termasuk Mbah Marijan, ternyata masih banyak gunung berapi lainnya di Indonesia yang juga perlu diwapadai bahayanya untuk ikut-ikutan meledak, kayak mainan petasan aja, pake panas hati kalau ada kawan lainnya menyulut petasan. :( Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) ESDM mencatat 19 gunung berapi berstatus waspada, 2 gunung berapi berstatus siaga dan 1 berstatus awas. Semua gunung tersebut adalah gunung berapi tipe A dari 68 gunung yang diamati.

19 Gunung yang berstatus waspada, 2 siaga dan 1 berstatus awas. Belum ada tambahan perubahan status. Demikian menurut Kepala Sub Bidang Pengamatan Gunung Berapi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Agus Budianto.

19 Gunung berapi yang berstatus waspada sebagai berikut:

  1. Gunung Seulawah (Aceh)
  2. Gunung Sinabung (Karo, Sumut)
  3. Gunung Talang (Solok, Sumbar)
  4. Gunung Kaba (Bengkulu)
  5. Gunung Kerinci (Jambi)
  6. Gunung Anak Krakatau (Lampung)
  7. Gunung Papandayan (Garut, Jabar)
  8. Gunung Slamet (Jateng)
  9. Gunung Bromo (Jatim)
  10. Gunung Semeru (Lumajang, Jatim)
  1. Gunung Batur (Bali)
  2. Gunung Rinjani (Lombok, NTB)
  3. Gunung Sangeang Api (Bima, NTB)
  4. Gunung Rokatenda (Flores, NTT)
  5. Gunung Egon (Sikka, NTT)
  6. Gunung Soputan (Minahasa Selatan, Sulut)
  7. Gunung Lokon (Tomohon, Sulut)
  8. Gunung Gamalama (Ternate, Maluku Utara)
  9. Gunung Dukono (Halmahera Utara, Maluku Utara)

Sedangkan 2 Gunung yang berstatus siaga adalah:

  1. Gunung Karangetang (Sulut)
  2. Gunung Ibu (Halmahera Barat, Maluku Utara)

Satu gunung bersatus awas yaitu Gunung Merapi di Sleman, Yogyakarta.

Sedangkan Gunung Raung di Banyuwangi, Jawa Timur, menurut Agus masih terpantau normal. Gunung tersebut sebagaimana gunung aktif lainnya pasti mengeluarkan asap. Namun asapnya masih berwarna putih yang mengindikasikan banyak mengandung uap air dan emisi gas lainnya.

Dia menyampaikan, pihaknya terus memonitoring gunung-gunung bertipe A. Kegempaan di sekitar gunung juga dipantau untuk mengetahui aktivitas magma di dalam perut gunung. Kalaupun suatu saat nanti meletus, maka itu wajar mengingat gunung-gunung tersebut masih berstatus aktif.

Menurut Agus juga, Gunung Raung terakhir kali meletus pada 2009. Saat itu ada sekali letusan kecil, namun status gunung tidak beranjak dari level I alias aman.

Gunung tipe A adalah gunung yang pernah bererupsi sekurang-kurangnya satu kali sesudah tahun 1600. Sedangkan gunung tipe B adalah gunung yang sesudah tahun 1600 tidak lagi mengalami erupsi. Gunung tipe C adalah gunung berapi yang erupsinya tidak diketahui dalam sejarah manusia, atau tidak ada catatan letusannya.

Status bahaya level I atau aktif artinya berdasarkan pengamatan visual, kegempaan dan gejala vulkanik lainnya tidak memperlihatkan adanya kelainan. Level II atau waspada berarti ada peningkatan kegiatan berupa kelainan yang tampak secara visual atau hasil pemeriksaan kawah, kegempaan dan gejala vulkanik lainnya.

Di level III atau siaga, terjadi peningkatan pengamatan kawah secara visual, kegempaan dan metide lain yang saling mendukung. Sedangkan level 4 atau awas, letusan awal mulai terjadi berupa abu/ asap. Hal ini akan diikuti letusan utama.

Pelik juga ternyata memahami Gunung, entahlah kalau mengamati "Gunung". :))

Komentar FacebookSembunyikanSelalu TampilkanJangan Pernah TampilkanStatus:
 

0 komentar terhadap "Daftar 19 Gunung Berapi Status Waspada"

Links
About | Contact Us | Info Iklan | Privacy Statement | Disclaimer | Link to Us | Help | Whois | Ping  Sitemap
Copyright © 2009  Warung Bebas. Hosted on Blogger.Com Top
Warung Bebas