Dua Kalkulator Kehamilan Puisi Lucu & Romantis Kalimat/Ungkapan Indah Ucapan Selamat Malam Romantis Kata-2 GalauKoleksi Kata-Kata Gombal Mukio
Download Ringtone Lucu Gokil
Curhat Cewek Tentang Cowok
Punya Pacar vs LDR vs Jomblo
Alat Membuat Tulisan Gaul Alay
Alat Membuat Tulisan Terbalik
Daftar Semua Kategori:X
X
Ramalan Zodiak Hari Ini Kata Mutiara Cinta Kompilasi Lagu Nostalgia Cara Download Video Youtube Status Facebook LucuKumpulan SMS Cinta Romantis

Toko Online Dengan Blogspot Ini bukan cara membuat toko online dengan blogspot, \m/ hanya sebuah pendapat dan konsep bahwa sebenarnya membuat toko online dengan blogspot bukan suatu hal yang tidak mungkin. Meskipun segala keterbatasan akses selalu akan dialami pengguna blogspot namun dengan siasat yang tepat, semua keterbatasan biasa diatasi juga.

Untuk membuat yang sangat rumit dengan metode pembayaran online tentu saja sangat sulit, sehingga tidak akan efesien lagi menggunakan blogspot, namun setelah mengamati dari banyak penjual script toko online, ternyata untuk di Indonesia masih menggunakan pembayaran via bank dimana tagihannya dikirim email dari pemesanan yang dilakukan di situs. Kalau hanya data semacam itu yang dikirim, tentu saja blogspot bisa digunakan.

Alasan menggunakan blogspot tentu saja karena gratis, dan tidak perlu memanage hosting yang rumit dan bikin pusing kalau kemudian kena suspend :)) dengan blogspot maka bandwidth menjadi tak terbatas.

Sebenarnya sudah ada semacam script untuk digunakan di blogspot dan tanpa perlu database, menggunakan simpleCart, tapi pakai pembayaran Paypal dan lainnya, kurang cocok kalau ingin toko online dengan pembayaran rupiah. Lalu bagaimana membuat toko online yang cocok?

Yang jelas ini hanya opini saja, tapi contoh jadinya gak ada, maklum saya gak punya produk, trus buat apa mati-matian bikin script? kalau sudah jadi mau jualan apa? =)) Yang jelas saya yakin bisa menggunakan blogspot untuk toko online sederhana, konsepnya seperti dibawah ini alurnya.

Produk didisplay di postingan, nah dipostingan itu akan ada tombol pesan, saat di klik maka akan membuat semacam invoice yang terbuka dan dikirim ke email penjual maupun pembeli. Email itu berisi data pembelian dan kemana harus dikirim pembayaran...

Apa bisa? tentu saja bisa... dan tiap harga barang dan rincian produk dipostingan tentu akan beda-beda, sama saja konsepnya dengan download di Warung Bebas ini. Coba saja download yang ada di Download Buku / Ebook Bukti Kebenaran Al Quran, dan bandingkan dengan yang di Ebook Koleksi Cerita Rakyat Indonesia Populer, akan beda targetnya dengan satu function khusus. nah untuk toko online, maka target download tadi diubah dengan sebuah rincian produk dan pembayaran plus pengiriman email otomatis kepada pemesan dan penjual.

Ini hanya sebuah wacana konsep saja, kalau mau dikembangkan bisa juga sepertinya dengan multi pemesanan, misalnya dengan form seperti dibawah ini sebagai contoh saja untuk perhitungan matematika harganya, silahkan dicoba masukkan angka pada kotak di kolom Pesan (Q).

Form Pemesanan Warung Template
No Produk Template/Theme Harga Pesan (Q)
1 Situs Lagu @ Rp
2 Situs Lagu Blogspot @ Rp
3 Situs Download @ Rp
4 Situs Download Blogspot @ Rp
5 Blog Biasa @ Rp
Jumlah Total Rp
(potongan Rp 50000 untuk pembelian diatas Rp 1 juta) Diskon Rp
Jumlah Dibayar Rp

Diatas itu form sederhana yang dibuat cepat, hanya untuk contoh, error handlingnya belum ada, misal kalau dihapus field quantity-nya atau dimasukkan bukan angka maka menjadi bernilai NaN. Tapi itu bisa menjadi dasar konsep multiple pemesanan produk, tinggal dikoneksikan dengan fungsi query (kalau di PHP $_GET) dan akan menjalankan pemesanan otomatis, meski tanpa database.

Hanya pendapat Gan.... Boleh setuju boleh gak :D

Komentar FacebookSembunyikanSelalu TampilkanJangan Pernah TampilkanStatus:
 

10 komentar terhadap "Membuat Toko Online Sederhana Dengan Blogspot"

  1. malah tambah bingung bozz. maklum...hehehe

    ini themes yang buat mas adi ya...hehehe

    BalasHapus
  2. saya tertarik kk
    tolong bisa krimin scriptnya
    hehehehhehehehe
    biasa pemula nyari yg mudah aja

    e-mail saya : and_nie96@yahoo.co.id

    BalasHapus
  3. sy bikin sendiri toko online pk blogspot yg dicustom domain. abisnya pake wp pusing soal control panel, password, hosting, dll. Lagian bikin toko online pk blosgpot emang kenapa? kl udah jd toh yg penting tampilan, pengunjung ga bakal tny ini bikin pk apa. Sama aja kyk kita masuk toko, apa kita nanya ini ngontrak apa pny sendiri? yg penting barang dagangan biar menarik. Sy jg msh belajar kok ...

    BalasHapus
  4. @tas artis: Betul sekali gan! :-bd pendapat yang sangat praktis, dan memang betul itu... intinya adalah hasil, bukan pake apanya...

    Dan lagi yang paling penting adalah barang laku!.... :)

    BalasHapus
  5. kalo soal pake wp, joomla, blogspot, dll, itu kan soal selera. Pilih aja satu yg kamu yakini lalu tekuni dan kuasai. jangan denger kata orang, percaya aja sm kata hati. Daripada pk yg canggih tp bikin pusing?

    BalasHapus
  6. Sangat menarik sob, usulnya harus ada yang tindak lanjut nih

    BalasHapus
  7. kalau cara membuat cart yang ada rupiah nya gimana tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau pake cart persis kayak di self hosting, maka tidak bisa kalau murni pake blogspot, tapi bisa jika digabung sama hosting pembantu, dan ini ngirit biaya sekali.

      Hapus
  8. simplecart,,,kalau di kombinasi dengan php maknyus

    sayang saya nga ngerti,,,bisanya ngintip scrip orang yg udah jadi aja :P
    nih mas contohnya

    featheringshaft.com

    BalasHapus

Links
About | Contact Us | Info Iklan | Privacy Statement | Disclaimer | Link to Us | Help | Whois | Ping  Sitemap
Copyright © 2009  Warung Bebas. Hosted on Blogger.Com Top
Warung Bebas