Dua Kalkulator Kehamilan Puisi Lucu & Romantis Kalimat/Ungkapan Indah Ucapan Selamat Malam Romantis Kata-2 GalauKoleksi Kata-Kata Gombal Mukio
Download Ringtone Lucu Gokil
Curhat Cewek Tentang Cowok
Punya Pacar vs LDR vs Jomblo
Alat Membuat Tulisan Gaul Alay
Alat Membuat Tulisan Terbalik
Daftar Semua Kategori:X
X
Ramalan Zodiak Hari Ini Kata Mutiara Cinta Kompilasi Lagu Nostalgia Cara Download Video Youtube Status Facebook LucuKumpulan SMS Cinta Romantis

Pernyataan Abu Bakar Ba'asyir Bahwa Gus Dur Murtad yang kontroversial

Abu Bakar Baasyir
Abu Bakar Ba'asyir

Benar-benar tidak disangka bahwa selepas kepergian dari Gus Dur, justru ada orang yang mengatakan bahwa "Gus Dur Murtad". Disaat kebanyakan orang mengelu-elukan sosok Gus Dur sebagai Ulama, Kyai, Guru Bangsa, Bapak Bangsa dan banyak usulan agar Gus Dur dijadikan pahlawan nasional, disisi lain ada juga yang menghujatnya.

Abu Bakar Ba'asyir yang merupakan Pengasuh Ponpes Ngruki Solo secara terang-terangan menghujat dan menjelek-jelekan sosok Gus Dur. Bahkan parahnya, Ustadz ini menyatakan kalau Gus Dur itu Murtad.

Bagaimana jadinya jika sesama muslim saling menghujat apalagi me-MURTAD-kan sesama muslim? apalagi ternyata sesama orang yang disebut "Ulama". Ustadz Abu Bakar Ba'asyir ini juga enggan untuk menyebut nama Gus pada Abdurrahman Wahid. Abu Bakar Ba'asyir lebih memilih menyebut nama Mr. Dur karena panggilan Gus itu hanya digunakan untuk anak kyai mulia di Jawa Timur.

Maaf, saya tidak memanggil Gus, karena panggilan Gus itu hanya digunakan untuk anak kyai mulia di Jawa Timur", kata ustad Abu. Ustad Abu mengatakan, "Jadi, mengenai mister Dur, menurut keyakinan saya Mr Dur ini murtad karena dia telah mengatakan semua agama sama , padahal Allah mengatakan Innaddina ‘indallahil Islam, belum lagi perkataan dia soal qur'an porno, dan pluralisme. Orang yang berfaham pluralisme itu murtad karena pluralisme itu menganggap bahwasanya jika kita hidup bersama-sama, kita tidak boleh menggunakan syariat Islam".

Begitulah statement Abu Bakar Ba'asyir saat beliau mengisi kajian hari Ahad 3 Januari 2009, di Masjid Romadhon Bekasi. Dan di akhir pengajiannya beliau berujar seperti ini:

Maka insya Allah pendapat saya, keyakinan saya Mr Dur itu murtad, tapi saya tidak memaksa orang berkata begitu. Itu insya Allah berdasarkan dalil-dalil yang kuat dan saya siap diskusi dengan tokoh NU, kyai atau siapa saja, saya tantang diskusi untuk persoalan ini, kalau perlu mubahalah".

Mungkin memang banyak pernyataan Gus Dur yang kontroversial, Anda bisa membacanya di "Ucapan Kontroversial Gus Dur", namun masalah pendapat memang bisa jadi tiap orang berbeda, Bagaimana pendapat Anda mengenai pernyataan dari Abu Bakar Ba'asyir bahwa Gus Dur Murtad?

Ini bukan artikel mengada-ngada, silahkan saja Anda lihat sumber aslinya di bawah ini:

http://www.muslimdaily.net/berita/lokal/4769/ustad-abumr-dur-itu-murtad

Update 9 Januari 2010:
Jangan lupa lihat komentar-komentar dibawah, ada pro dan kontra mengenai hal ini, semua terserah Anda, Warung Bebas hanya melempar topik.

Komentar FacebookSembunyikanSelalu TampilkanJangan Pernah TampilkanStatus:
 

57 komentar terhadap "Menurut Abu Bakar Baasyir Gus Dur Murtad"

  1. Abu Dzar Al'AmriKamis, 07 Januari, 2010

    Komentar jangan di blokir/sensor biarakan yang berpendapat beda dengan anda.

    BalasHapus
  2. Kalo ditangan sampean, berita yang sudah berumur satu tahun bisa menjadi sesuatu yang baru lagi..
    Saluuutttt...
    :-o

    BalasHapus
  3. @Abu Dzar Al'Amri: Maaf bos sebelum Anda komentar, diatas ada tulisan:

    "Komentar akan ditampilkan setelah disetujui, hal ini untuk mengantisipasi broken link, karena blog ini dofollow. Harap maklum. Jangan nyepam! Jangan gunakan URL dan anchor kontes SEO! "

    Nah itu alasan utamanya. bukan juga masalah beda pendapat saja... tapi juga sopan santun...

    BalasHapus
  4. @Mas Adi: hehe ini sebenarnya aku ketipu daan gak teliti membaca tanggal...... sory semuanyaaaa

    BalasHapus
  5. Abu Dzar Al'AmriJumat, 08 Januari, 2010

    Aku sependapat dengan Ustd Abu,bahwa Mr Dur murtad. Kalau ada yang kebaratan silahkan diskusi atau debat terbuka atau mubahala,kan sudah ditantang buktikan yang benar itu benar, dan yang salah akan dilaknat Allah,semoga komentar ini dapat dimuat biar sportif nape,

    BalasHapus
  6. @Abu Dzar Al'Amri: Tenang saja komentar pasti ditampilkan, cuma masalah "diskusi atau debat terbuka atau mubahala" Gimana caranya? Ada solusi?

    BalasHapus
  7. @ semua: kalo boleh saya usul. untuk masalah diskusi ato debat terbuka, gmn kalo mengadakannya di probolinggo atau pasuruan??

    BalasHapus
  8. COBA BACA POTONGAN TULISAN GUS DUR INI SUPAYA KITA GAK SEMBARANGAN SAJA MEMURTADKAN ORANG ISLAM:

    .... Selama ia percaya ayat dalam kitab suci Al-Quran: Dan tak ada yang abadi kecuali kehadirat Tuhan (Kullu man alayha faan wa yabqa wajhu rabbika dzul
    jalali wal ikram), dan yakin akan kebenaran kalimat Tauhid, maka ia adalah seorang Muslim. Orang lain boleh berpendapat apa saja, tetapi tidak dapat mengubah kenyataan ini. Seorang Muslim yang menyatakan bahwa Ulil anti Muslim, akan terkena Sabda Nabi Muhammad SAW: Barang siapa yang mengkafirkan saudara yang beragama Islam, justru ialah yang kafir (Man kaffara akhahu musliman fahuwa kafirun).

    BalasHapus
  9. COBA BACA POTONGAN TULISAN GUS DUR INI SUPAYA KITA GAK SEMBARANGAN SAJA MEMURTADKAN ORANG ISLAM:

    .... Selama ia percaya ayat dalam kitab suci Al-Quran: Dan tak ada yang abadi kecuali kehadirat Tuhan (Kullu man alayha faan wa yabqa wajhu rabbika dzul
    jalali wal ikram), dan yakin akan kebenaran kalimat Tauhid, maka ia adalah seorang Muslim. Orang lain boleh berpendapat apa saja, tetapi tidak dapat mengubah kenyataan ini. Seorang Muslim yang menyatakan bahwa Ulil anti Muslim, akan terkena Sabda Nabi Muhammad SAW: Barang siapa yang mengkafirkan saudara yang beragama Islam, justru ialah yang kafir (Man kaffara akhahu musliman fahuwa kafirun).

    BalasHapus
  10. masing2 orang punya pemikiran n pendapat yang berbeda, tergantung dr tingkat pemahaman, emosional dan faktor kepentingan juga kak.

    mustinya hal seperti ini nga perlu diperpanjang coz masih banyak hal2 keagamaan lain yang mendesak yang perlu pemikiran n pembahasan lebih dalem kak. contohnya kesejahteraan umat Islam dan peningkatan pemahaman tentang Al-Quran.

    Berbeda itu indah, seperti firman Allah SWT.

    BalasHapus
  11. InsyAlah ust abu benar,mas anonim mungkin bisa membaca buku buku kaidah-kaidah takfir,sebagai bahan info aja buat mas anonim ada hadist panjang tentang abu soyyad yang bermata buta sebelah dan sebelahnya hampir buta yang hidup di zaman nabi dia sholat,haji,puasa tapi mayoritas sahabat sepakat bahwa dia adalah dajjal dan nabi mendiamkannya,jadi sekarang orang yang shalat,puasa akan tetapi dia ga suka syariat islam di indonesia di tegakkan maka dia kafir(baca surat al maidah)dan setau saya di situsnya gusdur ga sepakat syariat islam ditegakkan di indonesia

    BalasHapus
  12. wah... laku juga button submitku..
    :))

    BalasHapus
  13. Tuduhan akan kembali ke empunya, gitu aja kok repot

    BalasHapus
  14. Biasanya seorang pengecut akan berani kalau orang yang tidak disukainya sudah pergi atau meninggal. Dan akan berani kalo main keroyokan. Selama zaman Suharto Mr. Basyir kemana? Sembunyi di Malaysia dgn alasan memperdalam agama? selama Gus Dur hidup mengapa tidak menantangnya untuk adu debat di depan publik? Syiiir...syiiir, ulahmu itu seperti anak2 sj.

    BalasHapus
  15. waktu GUS DUR msh ada diam. sesudah gk ada GUS DUR itu mulut berkoak2 kyk pntt bbk..dsr pengecut abu bakar smph ja gani nm nya

    BalasHapus
  16. hehehe.... kasian... kurang ilmu seh... memahami al-Qur'an dan Hadits cuma textual... makanya, ngaji lagi Syir...!!

    BalasHapus
  17. Emang ada hak y buat orang yg dpanggil ustad ini buat mengkafirkan seseorang??? wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  18. kalau tuh embah basyir merasa benar sendiri... ngomong yang baik2 and klo bisa sopan santunya dipakai juga jangan sampe tuh mulut basyir mirip comberan isinya... yang keluar aj gak karuan begitu apa lagi isinya.. itu sopan santun dipake mbah Mbah, ente kan merasa muslim and indonesia.....

    BalasHapus
  19. Gw sih gak tau Gus Dur itu murtad atau tidak. Yang pasti banyak pola pikirnya yang mengarah kesitu (murtad). Pertama, ia pendukung paham liberal atau pluralisme. Dengan mengatakan bahwa semua agama sama maka secara tidak langsung sama saja mengatakan bawha Allah itu Tuhan, sama seperti Yesus, bahkan bisa disamakan seperti setan!(karena ada agama yg menuhankan iblis) Pernyataannya ini menurut gw merupakan penghinaan bagi setiap pemeluk agama. Coba belajar lagi mengenai islam liberal yang dianut Gus Dur:
    http://majalah.hidayatullah.com/?p=969
    http://www.hidayatullah.com/berita/lokal/11543--kiai-muhyiddin-nu-dalam-ancaman-besar
    http://www.hidayatullah.com/berita/lokal/2133-fatwa-mui-islam-liberal-dan-ahmadiyah-haram
    http://gustysoft.wordpress.com/2009/01/20/11-bukti-gusdur-bela-israel-terang-terangan/

    BalasHapus
  20. Abu Bakar Baasyir itu orang gila dan tidak waras,...masukkan saja di rumah sakit jiwa,.....mau mendirikan negara sendiri gax kesampaian ya gitu jadinya....

    BalasHapus
  21. waduh.waduh....doakan saja skaratulnya ga terlalu lama....(udah bau tanah ngata2in kyai besar...ckckckc)

    BalasHapus
  22. ust baasyir itu ahli syurga ya ? tolong kasih tahu ane, amalan apa yang membuat ust baasyir itu jadi ahli surga, seperti rosulullah, yang tahu rahasia, dan begitu yakin -seyakin rosulullah-tentang kebenaran hakiki, sehingga bila beda berarti neraka, astagfirullah, hanya kepada allah ane memohon ampunan

    BalasHapus
  23. KAYAKNYA SI BAASYIR KEBANYAKAN MAKAN KODOK....MANGKENYE JADI GOBLOK....EMANG SIH KALO ORG JAHAT KAYAK IBLIS MATINYA LAMA BANGET.....MAKSUDNYA SIH BIAR BISA TOBAT....TAP KAGA TOBAT JUGA....INGET SYIR....PAKE CANGCUT...WKWKWKWK(APA HUBUNGANNYA....)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sadarlah wahai islam jangan saling menghujat

      Hapus
  24. bagi yang pro gus dur hati2, bisa2 anda tidak akan diacuhkan rasulullah di akhirat,
    ingat...
    ikutilah Allah dan Ikutilah rasul (Muhammad saw)
    bukan
    Ikutilah Allah dan Ikutilah Gusdur
    ...
    semoga Allah mengampuni kita dan tidak fanatik buta kepada seseorang...
    boleh jadi anda jauh lebih baik dari gus dur..

    BalasHapus
  25. Sebelum kita bertingkah atau berbicara, marilah kita tanggalkan dulu ideologi golongan atau apapun. coba kita berfikir, merasakan, juga melihat, siapa diri kita sebenarnya ?, kita adalah sama sama makhluk, masalahkeimanan jangan diperlihatkan ke sesama, karena itu adalah dasar atau pondasi. masalah sosial kita berinteraksi dengan sesama itu adalah "Baju atau Kulit", tiap orang mempunyai seni dan cara mengekspreksikan diri masing masing, masalah surga dan Neraka ( benar dan salah dalam hal keimanan ) biarlah ALLOH yang menilai, itu bukan wewenang kita. Siapakah yang bisa melihat iman seseorang ?,siapakah yg bisa melihat hati seseorang ?, kita semua adalah sama dan satu, yaitu "Makhluk ALLOH", masalah "baju atau kulit" jangan dijadikan perbedaan, hidup itu indah...berjuang boleh...tapi awali dari diri, perangi diri kita sendiri, (yang selalu merasa benar, yang selalu ingin megISLAMkan semua orang, tetapi lupa diri sendiri......). Janganlah menentukan yg jauh belum terjadi, tapi sadari yg sekarang, dan syukuri yang didepan kita. Maaf jika ada salah kata, atau ada yang kuarang berkenan. Matur Nuwun.

    BalasHapus
  26. Nah ini...saya setuju sekali, suasana yang keruh ini memang perlu pendingin, jangan ditambah keruh lagi, masih banyak yang perlu kita sadari lagi ?, setan itu bukan ditempat yg serem serem tapi didalam hati manusia itu sendiri, sehingga orang itu berjalan tapi Linglung sehingga nabraki sesama, saya sangat setuju dengan pendapat Ning Haya,....ok.

    BalasHapus
  27. Kenapa Mbah Bakar tidak berani waktu Gus Dur masih hidup,....

    BalasHapus
  28. Kenapa Mbah bakar membela Arozi dan kawan..bukankah Orang yang membunuh muslim ganjaranya kerak neraka..berapa banyak Umat Islam yang meninggal waktu aksi si Amross Cs... walaupun orang Islam yang meninggal itu ahli maksiat..tapi di hatinyakan ada Islam...

    BalasHapus
  29. GUSDUR ITU TUKANG NGENTOTTTTTTTTTT
    :))

    BalasHapus
  30. @Movie And Music:Jangan kasar komentar anda tentang GUS DUR....sudah kah anda mengaji....sudakah anda menghargai orang tua anda....kalaupun anda mengaji jangan syariat saja....ngaji prilaku juga,supaya mata hati anda terbuka untuk melihat sekeliling kita.....

    BalasHapus
  31. setuju kang...ngaji jangan cuma setengah2.apa lagi cm baca terjemahan tanpa guru..jadi nya za bgitu...memperjuangkan syariat tanpa menggunakan ahlak tdk ada nilainya.jangan jd orang yg keras islam itu lentur dimanapun berada..islam tdk memberatkan umatnya..
    semua agama itu benar maksudnya semua agama selalu mendorong para pemeluknya kepada kebaikan dan kebenaran.adapun kebenaran itu trserah sudut pandang masing2,klo kita umat islam memandang gusti alloh lah tuhan yang benar.untuk umat lain trserah mereka...yang pnting kita tdk menyalahkan kebenaran menurut sudut pandang orang lain.sekali lg jangan jd orang keras.cerdas sedikit lho...

    BalasHapus
  32. preman gadunganKamis, 21 April, 2011

    jangan gunakan otak rongsokan untuk menilai gus dur...sebab sulit ketemu nya.orang bodoh akan bingung menilai orang jenius...bakan salah orang jeniusya tapi otak orang bodohlah yg tdk bs mengimbangi.

    BalasHapus
  33. menurutku bung abu bakar itu bukan otak rongsokan tp orang pintar tapi sayang kepintaran nya hanya mengkafirkan orang lain jadi sedikit kabur pemikiran nya.kalo memang benar gus dur itu kafir itu kan hanya menurut mulut bung abu bakar..kyataan nya za hanya alloh saja yang tahu.mungkin saja itu hanya caranya gusti alloh menyembunyikan setatus kesholehan sosok seorang gus dur.aq kira bung abu bakar itu cuma akal tp tidak punya mata hati yang dalam jd tdk bs membedakan mana orang khusus dan orang umum.makannya saya memberikan sedikit sarang kpd bung abu bakar mbok sedikit2 ngaji tasawuf...jangan pakeannya saja yang kya' ulama.tp ilmunya sama anak2 smp yg hidup di pesantren saja kalah jauh...saya mohon maaf klo panggilnya bung abu bakar krn bung abu bakar ilmu nya masig krece,jd tdk pntas di panggil ustadz.sekali lg maaf..

    BalasHapus
  34. sebenarnya orang2 tu paham hadits tidak sih?.tolong klo paham jangan di artikan secara leterleg...pelajari dululah ilmu musthola hadits,rijalul hadits,tafsir hadits,dll..jangan cepat menyimpulkan dg hadit pdhal kamu semua sendiri buta akan ilmu hadits.apa km th asbabu nuzulnya hadits tsb?.jujur aq sangat benci orang bodoh akan ilmu hadits tapi menggunakannya.bagaimana tahu itu hadits yg shohih apa dzoif ataupun malah hadits palsu....wahai umat islam jangan gembar-gembor mengenai agama padahal kalian sendiri tidak tahu dan paham.lebih baik kaliah belajar secara keseluruhan jangan setengah2,krn belajar setengah2 itu tdk memberikan petunjuk tp malah melah menimbulkan kerancuan,dan akhirnya bisa menyesatkan.

    BalasHapus
  35. Duh bolo konco priyo wanito …. (wahai para teman pria dan wanita)
    Ojo mung ngaji syareat bloko …. (jangan hanya belajar syari’at saja)
    Gur pinter ndongeng nulis lan moco … (hanya pandai bicara, menulis dan membaca)
    Tembe mburine bakal sengsoro 2X …. (esok hari bakal sengsara)

    Akeh kang apal Qur’an Haditse …. (banyak yang hapal Qur’an dan Haditsnya)
    Seneng ngafirke marang liyane …. (senang mengkafirkan kepada orang lain)
    Kafire dewe dak digatekke …. (kafirnya sendiri tak dihiraukan)
    Yen isih kotor ati akale 2X …. (jika masih kotor hati dan akalnya)
    :)

    BalasHapus
  36. Kafir adalah keimanan yg tersembunyi......Kafir adalah keimanan yg tersembunyi......

    BalasHapus
  37. Gue ngeri lihat video " gusdur dibaptis paderi" di you tube, kalo gitu apa yang dikatakan abu bakar baasyir 100% benar.
    Ustad abu ana dukung antum untuk melawan hukum dajjal dan menjalankan hukum syariat Islam.
    Buat saudara muslim hati hati visrus "sepilis" hendak menginveksi kemulian islam

    BalasHapus
    Balasan
    1. 100 % anda gag paham tentang gus dur,...

      Hapus
  38. Menurut saya, Ba'asyir hanyalah seorang pengecut, berani teriak hanya setelah orde baru runtuh, kemarin2 kemana aja woi, coward!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. maklum, dia kan penakut,...
      pke sorban z biar dkirax ulama',....

      Hapus
  39. PerusakIslamDariDalamKamis, 01 Desember, 2011

    satu hal yang pasti jasad gus dur masih utuh, coba ntar ba'asyir mati, dijamin cepat membusuk layaknya orang kafir..

    BalasHapus
  40. heran deh oang udh nyata sesat dibela mat matian,untung aza cpt mati klo gk islam diindonesia psti hancur,tuh lihat penggantinya skr siagiel/begitu antinya pd islammheran ulama muslim benci aturan agamanya,ya jangan jadi muslim donk

    BalasHapus
  41. klo gk mau hukum dan syariat islam ya jangan masuk islam,jadi kristen aza gk ada aturan,heran gw diindo ini ngaku islam tp gk mau pake hukum islam gmana allah mo terima,wong aturan allah orang islam diindo gk mo trima,bnr@ bingung

    BalasHapus
  42. @Movie And Music:
    Loe ketahuan nggk prnh bc Al-Qur'an,loe ktahuan nggk prnh ngaji & bc kitab,loe kthuan g ngamalin ilmu agama loe.mskipun gue dr konghuchu,tp gue ssalut ama gus Dur.dia memandang semua manusia bkn dr keegoisan,tp dmi mslahat umat.g ngrugiin umat manusia.kyknya sm ky yg prnh diajarkan sm Nabi nya umat Islam.

    BalasHapus
  43. untuk temen" smua, slahkan liat video gusdur di baptis di you tube, smoga klian sdar. saya saja wktu itu gk nyangka.

    BalasHapus
  44. anonim,,apa km yakin klo itu yg dinamakan baptis,,jangan2 km sdah sering di baptis,,jd lebih tau apa itu baptis,,,dasar otak dangkal..buat yg suka menghujat gusdur,,anda2 semua harus belajar lebih banyak lg tentang islam ,,jgan menafsirkan hadis hanya sepotong2,,ingat gak,,biasanya siapa yg mencela,,dia lebih buruk dari siapa yg dicela,,insyaallah,,allah akan membuka pintu hati kalian dengan dinnul islam yg sebenar benar islam,,,

    BalasHapus
  45. rasyd_alkhasanyKamis, 08 Maret, 2012

    menurut saya,,,
    hidup ini sudah mau kiamat, cungguh tidaklah bijaksana berkata kata tentang seseorang..

    namun marilah kita merenungi diri kita sendiri...
    karna hakekatnya itu tempat salah dan lupa,,

    semoga ALLAH subhanaAllahu Wata'ala mengampuni kita dengan rohman rohiem_Nya,,
    amin Ya Allah, Ya Robbal 'Alamin

    BalasHapus
  46. kesuksesan alm.gusdur dlm mengusung pluralisme mmg terbilang sukses. Terlihat sampai detik ini pemikiran beliau tertanam dng sngt kokoh pada para penggemarnya, seakan akan kesuksesan nabi saw dan para sahbatnya tenggelam dng ke-walian beliau(mnrt para fans gusdur yg mnganggap gus dur seorang wali) tp bgmn skrng di hadapan malaikat kubur, apakah beliau msh berbicara ttng kesamaan dan kebenaran semua agama tsb g ya ? apa kira2 reaksi malaikat?

    BalasHapus
  47. Hari ini kaum Muslimin berada dalam situasi di mana aturan-aturan kafir sedang diterapkan. Maka realitas tanah-tanah Muslim saat ini adalah sebagaimana Rasulullah Saw. di Makkah sebelum Negara Islam didirikan di Madinah. Oleh karena itu, dalam rangka bekerja untuk pendirian Negara Islam, kita perlu mengikuti contoh yang terbangun di dalam Sirah. Dalam memeriksa periode Mekkah, hingga pendirian Negara Islam di Madinah, kita melihat bahwa RasulAllah Saw. melalui beberapa tahap spesifik dan jelas dan mengerjakan beberapa aksi spesifik dalam tahap-tahap itu

    BalasHapus
  48. Alloh menciptakan manusia diseluruh pelosok bumi termasuk suku terpencil yg tidak tau dunia luar dengan berbagai perberdaannya (apapun itu). manusia membunuh ciptaan Tuhan membawa nama Tuhan.

    Disetiap kitab suci manusia "diizinkan" menyakiti ciptaan Tuhan. Saya tidak percaya Tuhan itu jahat. itu yg membuat saya percaya Tuhan Sang Pencipta dan tidak percaya agama (Agnostic)

    BalasHapus

Links
About | Contact Us | Info Iklan | Privacy Statement | Disclaimer | Link to Us | Help | Whois | Ping  Sitemap
Copyright © 2009  Warung Bebas. Hosted on Blogger.Com Top
Warung Bebas