Dua Kalkulator Kehamilan Puisi Lucu & Romantis Kalimat/Ungkapan Indah Ucapan Selamat Malam Romantis Kata-2 GalauKoleksi Kata-Kata Gombal Mukio
Download Ringtone Lucu Gokil
Curhat Cewek Tentang Cowok
Punya Pacar vs LDR vs Jomblo
Alat Membuat Tulisan Gaul Alay
Alat Membuat Tulisan Terbalik
Daftar Semua Kategori:X
X
Ramalan Zodiak Hari Ini Kata Mutiara Cinta Kompilasi Lagu Nostalgia Cara Download Video Youtube Status Facebook LucuKumpulan SMS Cinta Romantis

Pesugihan Gunung Kawi Dalam masalah pesugihan, sebelumnya pernah membahas tentang Ritual Mesum Pesugihan Gunung Kemukus, kali ini membahas mitos seputar Pesugihan Gunung Kawi. Disaat orang banyak disibukkan dengan kesulitan ekonomi, kadang semua cara digunakan termasuk diantaranya adalah ritual pesugihan.

Ada yang mencari uang dengan bisnis internet, namun karena tidak sedahsyat denga pesugihan maka bagi orang yang malas akhirnya lebih memilih pesugihan. Mitos Pesugihan Gunung Kawi memang dikenal sebagai tempat untuk mencari kekayaan (pesugihan).

Konon, barang siapa melakukan ritual dengan rasa kepasrahan dan pengharapan yang tinggi maka akan terkabul permintaannya, terutama menyangkut masalah kekayaan. Mitos seputar pesugihan Gunung kawi ini diyakini banyak orang, terutama oleh mereka yang sudah merasakan "berkah" berziarah ke Gunung Kawi. Namun bagi kalangan rasionalis-positivis, hal ini merupakan isapan jempol belaka.

Biasanya lonjakan pengunjung yang melakukan ritual terjadi pada hari Jumat Legi (hari pemakaman Eyang Jugo) dan tanggal 12 bulan Suro (memperingati wafatnya Eyang Sujo). Ritual dilakukan dengan meletakkan sesaji, membakar dupa, dan bersemedi selama berjam-jam, berhari-hari, bahkan hingga berbulan-bulan.

Di dalam bangunan makam, pengunjung tidak boleh memikirkan sesuatu yang tidak baik serta disarankan untuk mandi keramas sebelum berdoa di depan makam. Hal ini menunjukkan simbol bahwa pengunjung harus suci lahir dan batin sebelum berdoa.

Selain pesarean sebagai fokus utama tujuan para pengunjung, terdapat tempat-tempat lain yang dikunjungi karena 'dikeramatkan' dan dipercaya mempunyai kekuatan magis untuk mendatangakan keberuntungan, antara lain:

1. Rumah Padepokan Eyang Sujo

Rumah padepokan ini semula dikuasakan kepada pengikut terdekat Eyang Sujo yang bernama Ki Maridun. Di tempat ini terdapat berbagai peninggalan yang dikeramatkan milik Eyang Sujo, antara lain adalah bantal dan guling yang berbahan batang pohon kelapa, serta tombak pusaka semasa perang Diponegoro.

2. Guci Kuno

Dua buah guci kuno merupakan peninggalan Eyang Jugo. Pada jaman dulu guci kuno ini dipakai untuk menyimpan air suci untuk pengobatan. Masyarakat sering menyebutnya dengan nama 'janjam'. Guci kuno ini sekarang diletakkan di samping kiri pesarean. Masyarakat meyakini bahwa dengan meminum air dari guci ini akan membuat seseorang menjadi awet muda.

3. Pohon Dewandaru

Di area pesarean, terdapat pohon yang dianggap akan mendatangkan keberuntungan. Pohon ini disebut pohon dewandaru, pohon kesabaran. Pohon yang termasuk jenis cereme Belanda ini oleh orang Tionghoa disebut sebagai shian-to atau pohon dewa. Eyang Jugo dan Eyang Sujo menanam pohon ini sebagai perlambang daerah ini aman.

Untuk mendapat 'simbol perantara kekayaan', para peziarah menunggu dahan, buah dan daun jatuh dari pohon. Begitu ada yang jatuh, mereka langsung berebut. Untuk memanfaatkannya sebagai azimat, biasanya daun itu dibungkus dengan selembar uang kemudian disimpan ke dalam dompet.

Namun, untuk mendapatkan daun dan buah dewandaru diperlukan kesabaran. Hitungannya bukan hanya, jam, bisa berhari-hari, bahkan berbulan-bulan. Bila harapan mereka terkabul, para peziarah akan datang lagi ke tempat ini untuk melakukan syukuran.

Siapakah sesungguhnya Eyang Jugo dan Eyang Sujo?

Yang dimakamkan dalam satu liang lahat di pesarean Gunung Kawi ini? Menurut Soeryowidagdo (1989), Eyang Jugo atau Kyai Zakaria II dan Eyang Sujo atau Raden Mas Iman Sudjono adalah bhayangkara terdekat Pangeran Diponegoro. Pada tahun 1830 saat perjuangan terpecah belah oleh siasat kompeni, dan Pangeran Diponegoro tertangkap kemudian diasingkan ke Makasar, Eyang Jugo dan Eyang Sujo mengasingkan diri ke wilayah Gunung Kawi ini.

Semenjak itu mereka berdua tidak lagi berjuang dengan mengangkat senjata, tetapi mengubah perjuangan melalui pendidikan. Kedua mantan bhayangkara balatentara Pangeran Diponegoro ini, selain berdakwah agama islam dan mengajarkan ajaran moral kejawen, juga mengajarkan cara bercocok tanam, pengobatan, olah kanuragan serta ketrampilan lain yang berguna bagi penduduk setempat. Perbuatan dan karya mereka sangat dihargai oleh penduduk di daerah tersebut, sehingga banyak masyarakat dari daerah kabupaten Malang dan Blitar datang ke padepokan mereka untuk menjadi murid atau pengikutnya.

Setelah Eyang Jugo meninggal tahun 1871, dan menyusul Eyang Iman Sujo tahun 1876, para murid dan pengikutnya tetap menghormatinya. Setiap tahun, para keturunan, pengikut dan juga para peziarah lain datang ke makam mereka melakukan peringatan. Setiap malam Jumat Legi, malam eninggalnya Eyang Jugo, dan juga peringatan wafatnya Eyang Sujo etiap tanggal 1 bulan Suro (muharram), di tempat ini selalu diadakan erayaan tahlil akbar dan upacara ritual lainnya. Upacara ini iasanya dipimpin oleh juru kunci makam yang masih merupakan para keturunan Eyang Sujo.

Tidak ada persyaratan khusus untuk berziarah ke tempat ini, hanya membawa bunga sesaji, dan menyisipkan uang secara sukarela. Namun para peziarah yakin, semakin banyak mengeluarkan uang atau sesaji, semakin banyak berkah yang akan didapat. Untuk masuk ke makam keramat, para peziarah bersikap seperti hendak menghadap raja, mereka berjalan dengan lutut.

Hingga dewasa ini pesarean tersebut telah banyak dikunjungi oleh berbagai kalangan dari berbagai lapisan masyarakat. Mereka bukan saja berasal dari daerah Malang, Surabaya, atau daerah lain yang berdekatan dengan lokasi pesarean, tetapi juga dari berbagai penjuru tanah air. Heterogenitas pengunjung seperti ini mengindikasikan bahwa sosok kedua tokoh ini adalah tokoh yang kharismatik dan populis.

Namun di sisi lain, motif para pengunjung yang datang ke pesarean ini pun sangat beragam pula. Ada yang hanya sekedar berwisata, mendoakan leluhur, melakukan penelitian ilmiah, dan yang paling umum adalah kunjungan ziarah untuk memanjatkan doa agar keinginan lekas terkabul.

Wisata Ziarah Pesugihan Gunung Kawi

"Gunung tidak perlu tinggi asal ada dewanya."

Pepatah populer di kalangan warga Tionghoa ini bisa menjelaskan kenapa Gunung Kawi di Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, sangat populer. Kawi bukan gunung tinggi, hanya sekitar 2.000 meter, juga tidak indah. Tapi gunung ini menjadi objek wisata utama masyarakat Tionghoa.

Tiap hari ratusan orang Tionghoa, termasuk orang pribumi naik ke Gunung Kawi. Masa liburan plus cuti bersama Lebaran ini sangat ramai. Karena terkait dengan kepercayaan Jawa, Kejawen, maka kunjungan biasanya dikaitkan dengan hari-hari pasaran Jawa: Jumat Legi, Senin Pahing, Syuro, dan Tahun Baru.

"Pokoknya selalu ramai, Mas," ujar Syaikoni (nama samaran) salah satu seorang pemandu wisata. Syaikoni memang tidak salah, saat berjalan kaki sejauh satu kilometer menuju pusat wisata utama (makam dan kelenteng), terlihat lautan manusia. Macam pasar malam. Pengemis ada sekitar seratus orang (anak-anak sampai orang tua). Toko-toko souvenir berdempetan hingga pesarehan.

Penginapan, kata Syaikoni, lebih dari 10 buah, dengan tarif Rp 30.000 hingga Rp 200.000. Restoran Tionghoa yang menawarkan sate babi dan makanan tidak halal (buat muslim) cukup banyak. Tukang ramal nasib. Penjual kembang untuk nyekar. Penjual alat-alat sembahyang khas Tionghoa. Belum lagi warung nasi dan sebagainya.

"Gunung kok ramai begini kayak di kota?" tanya salah seorang pengunjung yang baru pertama kesana pada Syaikoni.

"Gunung Kawi yang begini ini. Fasilitasnya sudah direnovasi oleh yayasan, ya, pakai uang sumbangan pengunjung. Mereka yang dapat rezeki, usahanya lancar, sumbang macam-macam. Akhirnya, dibuat bagus seperti sekarang," tutur Syaikoni, 33 tahun, asli Wonosari.

Dia sudah beberapa tahun menjadi pemandu wisata sekaligus pembawa barang-barang pengunjung. Syaikoni tahu banyak seluk-beluk Gunung Kawi. Usai kunjungan, kita bebas memberikan tips kepadanya. Tidak pakai tarif-tarifan buat guide ala Gunung Kawi.

Apa yang dicari orang-orang di Gunung Kawi? Kekayaan? Rezeki? Usaha lancar? Macam-macam niat orang. "Ya, kita olang mo beldoa semoga dikasih rejeki. Pokoke, usaha kita olang lancal lah," ujar seorang ibu asal Surabaya dengan logat khasnya tionghoa.

Jawaban sejenis disampaikan pengunjung lain. Karena itu, warga Jawa Timur kerap mencitrakan Gunung Kawi sebagai tempat pesugihan. Tapi, bagi kalangan kejawen, penggiat budaya Jawa, Gunung Kawi lebih dilihat sebagai tempat pelestarian budaya Jawa. Banyak ritual kejawen diadakan di sini secara teratur dan diikuti aktivis budaya Jawa di seluruh Pulau Jawa.

Kalau masuk makam dua makam tokoh yang telah dijelaskan diatas, pengunjung harus membeli kembang. Sebelumnya, bayar retribusi untuk Desa Wonosari Rp 2.000. Lalu, menyerahkan KTP (kartu tanda penduduk) atau identitas lain pada satpam untuk didaftar nama dan alamat. Sumbang lagi uang tapi sukarela. Jangan kaget kalau anda menjumpai banyak sumbangan atau retribusi di aset wisata Kabupaten Malang ini.

Saat saya masuk ke kompleks Gunung Kawi, hampir 99 persen warga keturunan Tionghoa. Anak-anak, remaja, profesional muda, hingga kakek-nenek. Orang-orang itu bersembahyang layaknya di kelenteng. Masuk ke makam, jalan keliling makam, sambil membuat gerakan menyembah macam di kelenteng. Tidak ada arahan atau instruksi, mereka semua melakukan gerakan-gerakan itu.

Hampir tidak ada Tionghoa itu yang beragama Islam. Kok begitu menghormati dan sembahyangan di depan makam Imam Soedjono dan Mbah Djoego? Apa mereka tahu siapa yang dimakamkan di situ? Belum lagi kalau kita bahas secara teologi Islam atau Kristiani tentang boleh tidaknya melakukan ritual di Gunung Kawi.

"Memang, Mas, semua orang yang datang pertama kali di Gunung Kawi pasti bertanya begitu. Saya juga nggak tahu kenapa. Yang jelas, sejak dulu ya begitu. Kalau sudah tradisi dan kepercayaan orang, ya, mau apa lagi?" kata Syaikoni dengan sangat sopan.

Para pemandu wisata di Gunung Kawi berusaha tidak menyinggung kepercayaan atau agama orang lain. Selain sensitif, mereka tak ingin bisnis mereka terganggu. Harus diakui, warga Desa Wonosari mendapat banyak berkah dari objek wisata Gunung Kawi. Tak sedikit penduduk mengais rezeki di kawasan Gunung Kawi mulai pemandu wisata, penjual bunga, warung, satpam, parkir, dan sebagainya.

Selain berdoa sendiri-sendiri, Yayasan Gunung Kawi menawarkan paket ritual tiga kali sehari: pukul 10.00, pukul 15.00, pukul 21.00. Ritual ini dipimpin dukun atau tukang doa setempat, namun harus pakai sesajen untuk selamatan. Siapa yang mau ikut harus mendaftar dulu di loket.

Tarif barang-barang selamatan ditulis jelas di loket yang bagus. Ada dua tipe selamatan agar keinginan anda (dapat rezeki, usaha lancar) tercapai. Bagi mereka yang percaya.

Pesugihan Gunung Kawi
Pengunjung antre membeli keperluan ritual

Berapa tarif selamatan? Berikut beberapa item yang umum digunakan, dan harga mengikuti kurs tentunya hehe..

  • Minyak tanah Rp 60.000
  • Solar Rp 100.000
  • Minyak goreng Rp 250.000
  • Beras Rp 400.000
  • Kambing Rp 500.000
  • Sapi Rp 7.500.000
  • Ayam Rp 25.000
  • Wayang kulit Rp 750.000
  • Ruwatan Rp 4.000.000

(Masih ditambah beberapa elemen lain yang sudah tentu menguras dompet pengunjung. Toh, antrean sangat panjang dari saudara-saudari kita yang hendak memburu rezeki di Gunung Kawi)

Melihat nilai rupiah itu, benar-benar membuat kita geleng-geleng kepala. Berdoa kok mahal amat? Apa ada jaminan jadi kaya? Apa Tuhan perlu begitu banyak sayur, makanan, daging, wayang kulit, ruwatan...? Kalau kita miskin, tak punya uang, apa harus utang untuk membeli barang-barang itu?

"Itu terserah pengunjung, Mas. Mereka yang percaya ya, nggak akan keberatan," jelas Syaikoni sambil tersenyum.

Di luar kompleks makam, ada Kelenteng Kwan Im. Lilin-lilin merah, besar, terus bernyala. Puluhan warga Tionghoa secara bergantian berdoa di sana. Disana juga ada ciamsi, ajang meramal nasib ala Tionghoa.

Sekitar enam kilometer dari kompleks makam ada pertapaan Gunung Kawi. Jalannya bagus. Kompleks ini pun penuh dengan ornamen Tionghoa. Di ruang utama ada tiga dukun yang siap menerima kedatangan tamu, berdoa agar rezeki lancar. Tapi sebelum itu si dukun membeberkan tarif selamatan yang jutaan rupiah seperti tertera di daftar harga di atas. Ah, keluar uang lagi!

Sebagian dari: hurek

Komentar FacebookSembunyikanSelalu TampilkanJangan Pernah TampilkanStatus:
 

60 komentar terhadap "Informasi Seputar Pesugihan Gunung Kawi"

  1. tionghoa koplak..
    Agamane kerasakti,

    BalasHapus
    Balasan
    1. jaga bicara anda bung, jangan rasis !!!

      Hapus
  2. biar aja orang laen mw nyembah apa aja...asal jgn gw yg geto...nauzubillah

    BalasHapus
  3. Jangan menilai orang lain sprti itulah
    belum tentu kamu lebih baik
    semua agama&kepercayaan baik ajarannya
    hanya umat yang melaksanakannya yg banyak ragamnya

    BalasHapus
  4. Cari rejeki yang benar aja lah....

    BalasHapus
  5. cari rezeki dg kerja keras,investasi untuk usaha...bukan untuk slametan.astagfirullahal'adzim....

    BalasHapus
  6. mas,...ada gak album gambar2 sekitar gunung kawi...>kalo ada bagi donk,..krim ke maszero79@ymail.com trimz

    BalasHapus
  7. BAGI ANDA YG INGIN MEMELIHARA BOCAH GHAIB/TUYUL & SILUMAN JABANG TETUKO ,ANAK AMBAR,TANPA TUMBAL DAN RESIKO APAPUN ANDA BISA GUNAKAN RAHASIA INI.


    perhatian...!!!

    dijamin kaya raya dan mendapat tuyul yg gesit tidak pemalas ,tidak menyusui, tidak makan tumbal, hanya sesajen saja dan ruang khusus. buktikan!

    MAHAR Rp 5.000.000
    hub/sms : 08388122125

    anda pesan brg dan petunjuk kami antar via pos kilat.
    rahasia terjamin.

    ini thread ane ya lain gan,monggo dicek jika berkenan,jika tidak yah tidak apa-2.


    Spoiler for mendatangkan uang secara ghaib:
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3825649

    Spoiler for mendatangkan uang versi kejawen:
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4198873

    Spoiler for tuyul hitam & siluman jabang tetuko:
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3830005

    Spoiler for Haekal keselamatan mutlak:
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4658364

    Spoiler for SOLUSI CEPAT MENUJU KEKAYAAN:
    http://www.kaskus.us/showthread.php?...#post246688090

    Spoiler for rahasia uang balik berkhadam jin:
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3942110

    Spoiler for cincin pelet yusuf manakib:
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4834301

    Spoiler for ikat pinggang keselamatan mutlak dan pukulan maut:
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4833995

    BalasHapus
  8. pingin sugih yo dang cepet oleh duit......duk malah nguras dompet....pesugihan.... KOPLAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAK...!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  9. kalau pingin kaya kerja macul kek,,,,
    bukan pergi gunung emange kalian bisa macul gunung??????....
    keadaan jaman gini mesti kerja keras donkkkkk......!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  10. zaman wis akhir, wong podo maksiat...........at

    BalasHapus
  11. ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA - MELANJUTKAN KULIAH - KENAIKAN JABATAN ?!?!
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH.
    BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN.

    -SMU:4.000.000
    -D3:6.000.000
    -S1:8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI,BUMN, SWASTA).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE: pembuatanijazah@yahoo.co.id

    HUB: +6285736927001.

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya.

    BalasHapus
  12. q mu cpat kya tp q g pnta maharx g mn??????

    BalasHapus
  13. q mu cpat kaya tp g pnya maharx gmna?????????????

    BalasHapus
  14. gw juga bisa bikin ijasah, tapi ga semahal itu... klo emng benar terdaftar.. bisa dites cek ga ke universitasnye ama
    di kopertisnya

    BalasHapus
  15. setan.....................bertobatlah.............
    dunia semakon dekat.............cari rejeki yg baik........................sembahlah tuhanmu....

    BalasHapus
  16. setan.....................bertobatlah.............
    dunia semakon dekat.............cari rejeki yg baik........................sembahlah tuhanmu.... mbah.............iki aku mbah...............wis pokok,e mgono mbah............................

    BalasHapus
  17. segeralah bertaubat &ingat allah menciptakan manusia&jin hanya untuk menyembahnya,pintu neraka menunggu kalian yang menyekutukan asma allah.

    BalasHapus
  18. smoga keluargaku ndak ikut-ikut langkah-langkah setan, amin
    usaha yang halal dan ikhlas menerima rejeki

    BalasHapus
  19. Para saudaraku... jika tidak paham betul janganlah menghakimi salah dan benar. Sesungguhnya hal demikian akan meng-hijab (membatasi) diri kalian sendiri. Betul, untuk kaya kuncinya adalah Ikhtiar (kerja keras) dan DOA. Apa doa bisa sembarangan? Bisa saja tapi hasilnya gimana? Tuhan memberikan tuntunan bagaimana cara berdoa supaya lebih mudah terkabul diantaranya mengajari bacaan doa yang bagus, mengistimewakan waktu2 khusus (mustajabah) unt berdoa, dan juga tempat2 tertentu yang diberi karomah dimana jika kita berdoa ditempat tertentu ini Insya Allah doa akan lebih mudah terkabul drpd dengan berdoa secara (bacaan) serampangan, diwaktu serampangan, dan ditempat yang gak ada karomahnya.

    Jangan dulu menghakimi kuburan adalah tempat syirik untuk berdoa. Justru menurut saya itulah pertanda Allah maha pemberi rohmat bagi hambaNya yang semasa hidupnya penuh dengan takwa, betul2 sbagai kalifatullah yg berjasa amat besar bagi sesamanya. Hingga meski sudah tinggal jasad terpendam pun si hamba ini tetap dimuliakanNya. Ditinggikan derajatnya dikalangan umat manusia lain. Lihat saja makam para wali, yg penuh karomah, yang selalu ramai didatangi orang sebagai bukti dan pertanda Allah memuliakan hamba2-Nya yang memang mulia.

    Yg penting adalah niat dan itikad kita saat mendatangi tempat2 seperti ini. Bukan ntuk menyembah yang dikubur. Tetapi mengharapkan keridloan Allah semata smg dengan karomah tempat tersebut doa kita lebih mudah terkabul. Perkara kemudian bisa menjadi kaya, sakti, naik jabatan.. itu semua mari disikapi sebagai anugrah (hadiah) Allah semata karena kita telah ikut menghormati dan memuliakan sang hamba tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mpun dungo mawon kang,,,,Allahhummah di qoumii faiinnahum laa ya'lamuun,,,,

      Hapus
    2. Mantaff... kata2 anda sangat bener.begitu namanya orang yang mempunyai akal da di sayangin tuhan.bukan cuma bisa kayak kapal pecah aja ngak karuan

      Hapus
  20. akeh2 istighfar. Allah itu maha kaya. semua yg ada didunia adalah milik Allah dan tidak lebih kaya dari Allah. apakah kita ingin mencari tandingannya Allah. hati2, sholat 40hari 40 malam tdk diterima. tdk itu saja. dosa besar yaitu musyrik akan menimpa.

    BalasHapus
  21. tidak ada dalil yang mengatakan bahwa berdoa dikuburan atau melalui perantara orang2 sholeh yg sudah mati itu cepat dikabulkan. berdoa itu langsung saja kita tujukan kpd Allah tanpa melalui perantara. seperti firman Allah di Al-Qur'an: berdoalah kepdaKu niscaya akan Aku kabulkan. Allah tidak menyuruh kita: berdoalah kepadaKu lewat orang2 sholeh yg sudah meninggal atau dikuburan maka akan Aku kabulkan. itu tidak ada. kita cari dalilnya juga tidak ada.
    berdoa dimakam Rasulullah saja diharamkan. contoh saja di Meccah, saat orang Indonesia atau yg lain sedang berdoa di makam Rasulullah, langsung diusir oleh polisi2 Saudi dg mengatakan: haram haram haram. tetapi itu tdk berarti kita tidak boleh mendoakan Rasulullah. TIDAK. yg tidak boleh adalah berdoa dimakam atau berdoa melalui perantara orang2 sholeh yg sudah meninggal.
    sebagaimana sabda Rasulullah ketika beliau masih hidup, yg artinya: janganlah engkau jadikan kuburanku itu sebagaimana masjid seperti orang2 yahudi dan nashrani menjadikan masjid para nabinya seprti masjid untuk berhariraya (berdoa).

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngajio ndisik seng bener kang,,,,ojo koyok cah TK....
      komplit ngaji kuwi ojo setengah2.....

      Hapus
  22. pengen kaya??????
    yakerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lo kerja ? dah kaya blon ?

      Hapus
  23. APAPUN MASALAHNYA BISA DIATASI!!!!!

    Seorang spiritualis sejati Ki Ageng Sapta Rasa dengan ritualnya yang tingkat tinggi, tirakat, serta dalam perjalanannya yang panjang dia jalani dengan sepenuh hati, sabar, tekun, mantap, dan sudah di kenal banyak pasien dari berbagai pelosok tanah air.
    Masalah sesulit apapun di tangan beliau pasti bablas!!!!!!!!!!!!
    - Pengobatan segala penyakit magis

    BalasHapus
  24. kalo di pikir mereka memang aneh tapi ingat lo mas ngk ada di indonesia ini orang tinghoa yg miskin

    BalasHapus
  25. berdoa dan meminta sesuatu itu pada sang khalik, bukan dengan pemujaan setan seperti itu ,, berdoa dan berusaha itu lah jalan keluarnya ,, inget anda melakukan pesugihan resikonya besar, bisa2 nyawa anda melayang

    BalasHapus
  26. beda 0rang beda pendapat,terserah mau jalani apa yg penting tidak merugikan 0rang lain 0ke!

    BalasHapus
  27. PASTI KAYA...ASAL MAU KERJA KERAS..SEMANGAT...NGOTOT..DAN TETAP BERDOA...HAL YG KAYA DIATAS GA BAIK...:D/

    BalasHapus
  28. kkkk pada pusing ya yg penting jalan aja jgn menghujat org lain sama juga anda dgn beliau benar atau tidak pikirkan sendiri. itu hak mereka apa pun agama nya sama tujuan nya. semua tempat suci pasti pakai uang mau ke mekah aja juga harus pakai uang bener atau tidak mohon di pertimbangkan. sama aja semua nya

    BalasHapus
  29. hargai pendapat org, hargai upaya org, selama tdk merugikan qta atau org sekitar.., tdk ada paksaan jg kan? yg mau, monggo... yg gk mau, minggir.. gt aja koq preepot, eh repoot. he..he..

    BalasHapus
  30. @Anonim:Dibalik kesuksesan orang china Gunung Kawi.

    BalasHapus
  31. Ingin Kaya Pergi Ke Gunung Kawi.
    Orang China Bisa Kaya Pergi Ke Gunung Kawi, Minta rezeki Ke Setan.

    BalasHapus
  32. ngapain kita harus mikirin orang lain selama orang itu gak ganggu keyakinan dan kehidupan kita.gitu aja kok repot. kek.....kek.....kek.........

    BalasHapus
  33. Hati-hati gunung kawi makan tumbal.

    BalasHapus
  34. @sun go kong:Pesugihan Gunung Kawi Harus Di Hentikn. Soalnya banyak makan Tumbal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul !!!! panggil FPI, kalo si habib ngehe itu punya titit

      Hapus
  35. mang tumbalx seprt pa sich??????????

    BalasHapus
  36. BANYAK METODE TIPU MUSLIHAT YANG DITAWARKAN UNTUK PESUGIHAN JENIS JUAL MUSUH (JM) DI TEMPAT LAIN YANG TERNYATA SEMUA HANYA JANJI MANIS DAN TIPU2 BELAKA!
    ! KAMI MENAWARKAN TEMPAT PESUGIHAN JM YANG PALING BANYAK DICARI ORANG, MENJADI TEMPAT RITUAL DAN HARAPAN TERAKHIR ORANG, TEPAT SASARAN DAN TERBUKTI BANYAK YANG SUKSES..TIDAK ADA JANJI MANIS DISINI SILAHKAN ANDA BUKTIKAN SENDIRI,
    SELAIN ITU KAMI JUGA MENAWARKAN PESUGIHAN JENIS
    JUAL JANIN,
    JUAL ANAK / KELUARGA
    , TUYUL (GESIT, TDK MENYUSUI DAN DAPAT LANGSUNG TERLIHAT OLEH CALON PEMILIK)
    , NIKAH JIN, BUTO IJO DAN SANTET INSTAN LANGSUNG MATI, DISINI KUNCI UTAMANYA ADALAH KESABARAN, KEYAKINAN, DAN KEBERANIAN MENTAL ANDA MENGHADAPI GAIB, SEMUA PESUGIHAN KAMI HASIL INSTAN!!
    DAN SAYA DI SINI HANYA SEBGAI PERANTARA KE JURU KUNCI
    KHUSUS YANG PERCAYA KALO YANG TIDAK PERCAYA JANGAN MENGIKUTI RITUAL
    DAN JANGAN LANJUTKAN MEMBACA !!!!!!!!!!!!
    KARENA HANYA YG PERCAYA YANG SUKSES MENJALANI RITUAL,
    MAHAR SEIKHLASNYA BAYAR DI TEMPAT
    KARENA SAYA YAKIN YANG BACA INFO INI HANYA ORANG2 YANG BUTUH UANG
    BUKAN UNTUK MENGELUARKAN UANG

    RITUAL DI LAKSANKAN DI PINGGR KOTA JOGYAKARTA
    PERJALANAN 3JAM DARI KOTA JOGJA
    UNTUK ALAMAT MASIH DI RAHASIAKAN ( KARENA SANGAT PRIBADI )
    HANYA UNTUK ORANG ORANG YANG SERIUS
    ANDA BISA HUBUNGI
    DI NO 0813 276 94401
    (BPK FIRDAUS)

    TERIMAKSIH

    BalasHapus
  37. apa sih yg dbwa klo kite2 neh dah wafat..?,....gunung kawi.?...hehehe....amal ibadah..cpet2 tobat yaa..

    BalasHapus
  38. biarkan saja mereka jalani apa yg mereka yakini...................
    yg penting usaha dia tidak mengganggu usaha anda.................
    anda melarang,belum tentu anda sendiri benar.................
    tidak usalah kita jadi orang MUNAFIK,karna muafik itu tidak baik.

    BalasHapus
  39. Silahkan saja punya keyakinan apapun yang penting berbuat baik dan bermanfaat bagi banyak orang.

    BalasHapus
  40. Silahkan saja punya keyakinan apapun yang penting berbuat baik dan bermanfaat bagi banyak orang

    BalasHapus
  41. Islam g gtu???
    N tolong jngn bawa2 nama islam...
    Islam mengajar.kan menyembah allah bukan menymbah mahluq allah..
    Pesugih.an jelas syirik besar alias murtad...
    Apakah anda mo enk di dunia sja???
    Ingat besok stlh kta mati ada kehidupan lg...
    Kehidupan yg abadi.. Moga2 ja kta 5sh trglong dlm org yg ber iman n mendapat.kan ridho.y..
    Amin..

    BalasHapus
  42. yang prnah sugih stlh ksana ngacung.............??!!!

    BalasHapus
  43. DWI JUGA BARU KESANA,..... UDAH KAYA PA BLOM YAAAAA.....................????

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang pasti kesananya tidak bareng bang puji..... he he eh he he

      Hapus
  44. GGGGGGGUUUUUUUOOOOOBBBBBBBLLLLLLLOOOOOOOOOGGGGG AAAAAJJJJJJJJJEEEEEEE............................. KLW MEMANG BENER? PAWANG/KUNCENNYA PASTI UDAH TAJIR ABIZZZZZ DONK......???

    BalasHapus
  45. aq cowok yang ingin ke kemukus tapi gak ada pasangan, kalau ada yang mau jadi pasanganku ke kemukus sms janjian dulu ya 087 831 454 229

    BalasHapus
  46. Mirip banmget ma tulisan di http://hurek.blogspot.com/2007/10/wisata-ziarah-gunung-kawi.html

    Disertakan dong sumbernya, hargai jangan copas and edit2 doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah ditambahi bos, sory dulu keknya ambil gak dari situ... sumber pertama jadi bingung dimana...

      Hapus
  47. info: Jika ada yg mau Ritual utk yg mau kaya,hutang piutang tanpa tipu-tipu hub 082320613651 sy akan antar langsung ke tempatnya yg benar2 tempatnya, lokasi garut jwbarat.

    BalasHapus

Links
About | Contact Us | Info Iklan | Privacy Statement | Disclaimer | Link to Us | Help | Whois | Ping  Sitemap
Copyright © 2009  Warung Bebas. Hosted on Blogger.Com Top
Warung Bebas